Kirab Api Obor Asian Games di Riau Ditandai Fly Past Jet Tempur

TrubusNews
Syahroni
01 Agu 2018   23:00 WIB

Komentar
Kirab Api Obor Asian Games di Riau Ditandai <i>Fly Past</i> Jet Tempur

Marsekal TNI Eko Dono menyerahkannya api obor asian games ke Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb Ronny Irianto. (Foto : Trubus.id/ M Syukur)

Trubus.id -- Kirab api obor Asian Games di Riau ditandai dengan fly past enam jet tempur Fighting Falcon dan Hawk 100/200 Black Panther di Landasan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru. Lambang dari perhelatan olahraga antara negara di Asia ini lalu diarak menuju Kabupaten Siak.

Sebelumnya, api obor ini tiba di Pekanbaru dengan pesawat Hercules C-130. Api dibawa Marsekal TNI Eko Dono sebagai pimpinan rombongan, lalu menyerahkannya ke Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Ronny Irianto.

Baca Lainnya : Tiba di Sumut, Obor Asian Games Singgahi Rumah Pengasingan Bung Karno

Hercules ini mendarat pukul 15.40 WIB. Eko dan beberapa atlet pengiring api obor juga disambut dengan pencak silat khas melayu, lalu dilanjutkan dengan tarian penyambutan disertai daun sirih. Kolonel Ronny lalu menyerahkan api obor ini ke Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Penyerahan inilah diiringi fly past enam jet tempur secara bergantian dalam satu putaran.

 

Sebelum fly past ini enam jet tempur itu juga menyambut kedatangan Hercules sebelum mendarat. Hercules ini sebelumnya terbang dari Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, setelah api obor ini menjalani kirab di sana.

Arsyadjuliandi Rachman kepada wartawan mengaku bangga karena Riau mendapat giliran melaksanakan pawai obor Asian Games. Apalagi api ini berada di Bumi Lancang Kuning selama dua hari. Selain sebagai penghargaan, dia menyebut keberadaan api ini juga sebagai motivasi bagi pembinaan dan meningkatkan prestasi atlet di Riau. 

"Mudah-mudahan ini memberikan semangat di Riau dalam mengembangkan olahraga serta sukseskan Asian Games," katanya.

Baca Lainnya : Tepat di Hari Kemerdekaan RI, Presiden Akan Terima Api Obor Asian Games 2018

Pria disapa Andi ini juga mengapresiasi TNI AU karena membawa api obor Asian Games 2018 ke berbagai daerah di Indonesia. Api ini lalu dibawanya memakai sebuah mobil untuk diantarkan ke Siak dari Pekanbaru.

Di Siak, api obor Asian Games akan diarak ke sejumlah tempat menarik dan situs budaya, salah satunya Istana Siak. Keesokan harinya, api ini kembali ke Pekanbaru lalu diarak ke sejumlah tempat hingga melanjutkan perjalanan ke Sumatera Barat. Riau sendiri merupakan jalur ke-27 yang dilewati api obor Asian Games setelah start pada 15 Juli 2018 dari Delhi, India. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Wujudkan Ketahanan Pangan Keluarga Melalui Akuaponik

Inovasi   06 Agu 2020 - 14:10 WIB
Bagikan:          
Bagikan: