Atasi Bau Busuk di Kali Sentiong, LIPI Terjunkan Lutor

TrubusNews
Astri Sofyanti
01 Agu 2018   17:45 WIB

Komentar
Atasi Bau Busuk di Kali Sentiong, LIPI Terjunkan Lutor

Kali Item atau Kali Sentiong, Kemayoran. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akhirnya turut turun tangan untuk membantu mengurangi bau busuk di Kali Sentiong (Kali Item) yang berada di Kemayoran, Jakarta Pusat. Untuk itu, LIPI mengerahkan dua alat bernama Lutor (LIPI Ultrafine Bubble Generator).

Alat ini berfungsi untuk membunuh bakteri yang tidak diinginkan dengan ozon sekaligus menyemburkan oksigen dalam bentuk gelembung yang sangat kecil.

Baca Lainnya : Hilangkan Bau Kali Item Dengan Pewangi? Ini Kata Pakar LIPI

"Gelembung oksigen yang kecil itu, biasa disebut Nano Bubble," ujar Dr. Anto Tri Sugiarto, Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Teknologi Plasma dan Ozon Untuk Lingkungan LIPI, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (1/8).

Ia menjelaskan, air Kali Sentiong mengandung bakteri anaerob yang mampu hidup tanpa oksigen. Bakteri tersebut dapat tumbuh pesat karena limbah di Kali Sentiong begitu banyak.

"Alat ini bisa membunuh bakteri yang ada di Kali Sentiong yang menimbulkan bau busuk, lalu dimasukkan oksigen itu. Jadi bakteri yang dapat menguraikan limbah dapat tumbuh," paparnya.

Baca Lainnya : Pabrik Tahu Tempe Protes Dianggap 'Kambing Hitam' Pencemar Kali Sentiong 

Lebih lanjut dikatakan Anto, alat ini akan dibiarkan mengapung di permukaan air untuk melepaskan ozon dan gelembung nano oksigen ke dalam air melalui selang khusus. Rencananya, alat tersebut akan dipasang sampai perhelatan Asian Para Games 2018, Oktober 2018 mendatang.

Sampai saat ini, LIPI sudah memasang alat Lutor ini sebanyak dua buah. Pemasangan alat akan dilakukan secara bertahap hingga 10 alat.

"Nanti tiap 20 meter dipasang satu alat," tutupnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jagung Provit Alternatif Bahan Pangan Sehat

Inovasi   28 Sep 2020 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: