Pemkab Garut Sediakan 9.848 Hewan Kurban yang Sehat untuk Masyarakat

TrubusNews
Astri Sofyanti
01 Agu 2018   16:15 WIB

Komentar
Pemkab Garut Sediakan 9.848 Hewan Kurban yang Sehat untuk Masyarakat

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menjelang Hari Raya Iduladha 1439 Hijriah, pedagang hewan kurban di pinggir-pinggir jalan semakin banyak kita jumpai. Hal ini karena kebanyakan warga akan membeli hewan mulai dari kambing, domba, hingga sapi untuk dikurbankan.

Jelang Iduladha, Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat sendiri telah menyediakan ribuan hewan kurban mulai dari kambing, domba, hingga sapi untuk kebutuhan masyarakat.

Baca Lainnya : Hewan Kurban di Pekalongan Diberi Sertifikat Khusus, Untuk Apa?

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Garut Indriana Sumarto mengatakan saat ini Pemkab Garut telah memiliki 9.848 ekor hewan kurban.

“Kebutuhan hewan ternak untuk kurban di Garut tahun 2018 ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 7.914 ekor hewan ternak,” ucapnya di Garut, Jawa Barat, Rabu (1/8).

Untuk itu, pemerintah menyiapkan 9.848 ekor terdiri 5.928 sapi, 3.800 domba, 100 kambing dan 20 kerbau. Hewan-hewan itu tersebar di 172 titik penjualan hewan yang ada di 42 kecamatan di Kabupaten Garut.

Terlebih Hari Raya Idul Adha akan berlangsung sebentar lagi yakni pada 22 Agustus 2018 mendatang, Pemkab Garut semakin gencar melakukan pengawasan kepada setiap pedagang hewan kurban.

Baca Lainnya : Ratusan Mahasiswa Kedokteran Cek Kondisi Hewan Kurban di Jogja

Pengawasan dilakukan mulai dari kesehatan hingga usia hewan ternak yang memenuhi syarat untuk dikurbankan.

"Kita sudah siapkan teknis pengawasan dengan menurunkan petugas pengawas dari dinas. Pengawasan sendiri akan kita lakukan di seluruh kecamatan yang ada di Garut. Khususnya terkait kesehatan hewan yang akan dikurbankan," ungkap Indriana. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: