225 Pendaki Berhasil Dievakuasi dari Rinjani, 150 di Antaranya Warga Asing

TrubusNews
Syahroni
30 Juli 2018   19:15 WIB

Komentar
225 Pendaki Berhasil Dievakuasi dari Rinjani, 150 di Antaranya Warga Asing

Kondisi Pelawangan Sembalun Gunung Rinjani pasca gempa Lombok. (Foto : Doc/ BNPB)

Trubus.id -- Proses evakuasi ratusan pendaki yang terjebak di Gunung Rinjani usai gempa yang melanda Lombok, Minggu (29/7) pagi, masih berlangsung. Hasilnya, hingga Senin (30/7) sore, 225 pendaki sudah berhasil turun dari gunung yang berada di kawasan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat itu. 

Kasdim Lombok Timur, Mayor (Inf) Arifianto menjelaskan, dari jumlah tersebut, 150 pendaki diantaranya merupakan warga asing.

Baca Lainnya : BNPB: 689 Pendaki Masih Terperangkap di Gunung Rinjani

"Siang tadi sudah bertemu dengan para pendaki yang terjebak di atas, alhamdulillah sampai sore hari ini sudah bisa kami data pada pukul 17.00 Wita tadi untuk asing sudah 150 orang, untuk lokal atau Indonesia sudah 105. Kurang-lebih totalnya 255. Masih ada separuh lagi yang ada di atas," ujar Arifianto di kawasan Bawak Nao, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7).

Pun demikian, Arifianto mengatakan, jumlah pendaki yang akan dievakuasi masih akan bertambah. Pasalnya, proses evakuasi masih akan berlangsung sampai dengan waktu yang ditentukan nantinya. 

Baca Lainnya : Evakuasi Pendaki di Gunung Rinjani Akan Pakai Helikopter

Namun dia menjelaskan, jika proses evakuasi hari ini sudah tidak memungkinkan, tim akan melanjutkan proses besok harinya. Personel Kopassus pun turut dikerahkan dalam proses evakuasi tersebut.

"Apabila sore ini tidak memungkinkan, mereka akan bertahan di atas, berlanjut besok pagi akan dilakukan evakuasi kembali. Yang masih di atas, kami akan mengupayakan karena dari tim Kopassus sejumlah kurang-lebih 30 orang akan berangkat melaksanakan evakuasi ke Rinjani," imbuhnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: