Sebuah Bungkusan Berisi Elang Jawa Ditemukan di Dekat Hutan Kamojang

TrubusNews
Astri Sofyanti
30 Juli 2018   17:00 WIB

Komentar
Sebuah Bungkusan Berisi Elang Jawa Ditemukan di Dekat Hutan Kamojang

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sebuah bungkusan mencurigakan yang ditemukan di gerbang Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) atau disekitar hutan Kamojang yang berada di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini ternyata berisi elang jawa. Diduga bungkusan sengaja disimpan seseorang yang memelihara satwa dilindungi ini.

Manajer Operasional PKEK, Zaini Rakhman, Senin (30/7) mengatakan, dus berisi elang muda itu membuat kaget petugas di lingkungan PKEK.

"Ada orang yang sengaja menyimpan satu dus di depan gerbang masuk yang isinya setelah diperiksa satu ekor elang jawa," ucapnya di Garut, Senin (30/7).

Baca Lainnya : Keluarkan Gebrakan Baru, Taman Safari Indonesia Usung Program Cintai Elang Jawa

Lebih lanjut ia mengatakan, dus yang sengaja dibuang itu pertama kali ditemukan oleh petugas PKEK yang curiga ada dus tergeletak di gerbang PKEK, Minggu (29/7). Petugas, sebelumnya menyangka hanya sampah, tetapi setelah diperiksa ternyata ada satu ekor elang muda dalam kondisi butuh penanganan serius.

"Awalnya kami menyangka sampah, tapi kemudian dus bergerak sampai terguling sendiri, setelah kita periksa ternyata isinya seekor elang jawa," paparnya.

Zaini menambahkan, dus berisi elang tersebut sengaja dibuang oleh orang yang memelihara karena takut hewan dilindungi negara itu bisa melanggar hukum.

Baca Lainnya : Unalaska, Kota yang Dipenuhi Populasi Burung Elang

"Mungkin mereka yang menyimpan elang tersebut takut kalau memelihara elang melanggar hukum," ungkapnya.

Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Ciamis, Himawan Sasongko mengatakan, saat ini satwa tersebut sudah mendapat penanganan secara khusus di PKEK agar nantinya bisa dilepasliarkan kembali ke alam. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Waspada, Penggunaan Hand Sanitizer Jangan Berlebihan

Peristiwa   30 Mar 2020 - 13:05 WIB
Bagikan:          
Bagikan: