Kepala BMKG Imbau Warga Lombok Hindari Tebing Curam

TrubusNews
Astri Sofyanti
30 Juli 2018   09:00 WIB

Komentar
Kepala BMKG Imbau Warga Lombok Hindari Tebing Curam

Gempa Lombok (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Usai ratusan gempa yang menguncang, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengimbau seluruh warga Lombok untuk tidak mendekati tebing-tebing curam.

Hal ini karena BMKG memprediksi potensi gempa susulan yang bisa memicu longsor masih bisa terjadi.

“Kami mengimbauan seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan karena gempa susulan masih berpotensi terjadi. Untuk itu, diimbau warga tidak menempati bangunan yang telah rusak atau retak akibat gempa. Hindari tebing curam karena potensi gempa susulan yang menimbulkan longsor bisa terjadi,” ucap Dwikorita di Jakarta baru-baru ini.

Ia juga minta agar masyarakat mencari tempat lapang untuk berlindung sementara terutama bagi mereka yang ada di sekitar bangunan rusak atau retak.

"Selain itu masyarakat perlu tetap tenang dan selalu mengikuti informasi dan arahan BPBD dan BMKG, serta tidak terpancing pada berita hoaks," sambungnya lagi.

Menurut Dwikorita, ahli gempa belum ada yang bisa menjawab siklus gempa. Hingga saat ini BMKG juga masih mengkaji, karenanya belum memiliki jawaban yang akurat kapan gempa akan terjadi, sehingga yang diperlukan adalah mitigasi bencana.

"Gempa pagi tadi ada di darat bukan di laut sehingga tidak memicu tsunami. Sekalipun terjadi di laut bukan berarti selalu menyebabkan tsunami. Harus ada komponen naik yang mendesak air terdorong ke atas hingga menimbulkan gelombang," ujar dia.

Menurutnya ada 17 ribu model dikembangkan BMKG untuk melihat kemungkinan tsunami. Sehingga kami bisa cepat menyampaikan informasi kemungkinan tsunami atau tidak. “Mohon ikuti informasi BMKG," ungkapnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Masalah Subsidi Pupuk, Begini Solusi Pakar IPB

Peristiwa   19 Jan 2021 - 08:37 WIB
Bagikan:          
Bagikan: