Ribuan Rumah Rusak, 14 Orang Meninggal Akibat Gempa 6,4 SR di Lombok

TrubusNews
Diah Fauziah
29 Juli 2018   20:00 WIB

Komentar
Ribuan Rumah Rusak, 14 Orang Meninggal Akibat Gempa 6,4 SR di Lombok

Gempa bumi di Lombok hancurkan ribuan rumah. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Hingga pukul 15.00 WITA, BMKG mencatat 124 kali gempa susulan di Lombok usai gempa bumi pertama dengan kekuatan 6,4 SR pada Minggu (29/7) pukul 06.47 WITA. Berdasarkan laporan BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat, sebanyak 14 orang meninggal dunia, 162 jiwa luka-luka dan ribuan unit rumah rusak.

"Dampak terparah dari gempa bumi terdapat di Kabupaten Lombok Timur. Di Kabupaten Lombok Timur terdapat 10 orang meninggal dunia dan 67 orang luka berat serta ratusan jiwa luka sedang dan luka ringan. Kerusakan rumah mencapai lebih dari 1.000 unit rumah. Hingga saat ini, BPBD setempat masih melakukan pendataan," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Baca Lainnya : Gempa Susulan Terus Terjadi di Lombok, 3 Orang Tewas dan Puluhan Rumah Rusak

Di Kabupaten Lombok Utara, sebanyak 4 orang  meninggal dunia dan 38 jiwa luka berat. Sebanyak 6.237 KK terdampak gempa. Kerusakan rumah juga dilaporkan di Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kota Mataram.

"Kebutuhan mendesak saat ini adalah tenaga medis, tandu, peralatan kesehatan, pakaian bayi, dan makanan siap saji. BPBD dan beberapa instansi lain telah menyalurkan bantuan permakanan, air mineral, tenda pengungsi, makanan lauk pauk, makanan tambahan gizi dan lainnya," ucap Sutopo.

Menurutnya, mobilisasi peralatan dan logistik terus dilakukan. Itulah kenapa, BNPB terus mendampingi BPBD dan mengirimkan bantuan yang diperlukan.

"Logistik dan peralatan yang ada di gudang BPBD disalurkan untuk membantu korban," bebernya. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kementan Ungkap Alasan Harga Pupuk Bersubsidi Naik

Peristiwa   20 Jan 2021 - 09:13 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Masalah Subsidi Pupuk, Begini Solusi Pakar IPB

Peristiwa   19 Jan 2021 - 08:37 WIB
Bagikan: