BMKG: Sulawesi Utara Berpotensi Terjadi Karhutla

TrubusNews
Astri Sofyanti
28 Juli 2018   17:00 WIB

Komentar
BMKG: Sulawesi Utara Berpotensi Terjadi Karhutla

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara (Sulut) menemukan ada dua titik api rawan terbakar di hutan yang berada di Kosambi Kabupaten Minahasa dan Tahuna Timur, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Sabtu (28/7).

“Dua titik api itu muncul sejak, Jumat (27/7) sekitar pukul 13.15 WITA," ucap Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Minahasa Utara, Asep Hendrawan di Manado, Sabtu (28/7).

Baca Lainnya : Panglima TNI: 99 Persen Karhutla Akibat Ulah Manusia

Munculnya dua titik panas di wilayah ini karena saat ini Sulut tengah masuk musim kemarau yang dirasakan di sejumlah tempat seperti Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Potensi titik api (hotspot) ini tidak bisa dihindari karena saat ini cuaca sangat panas yang diperkirakan akan berlangsung sampai September 2018 ke depan.

"Suhu saat ini berkisar antara 33-34 derajat Celsius, tapi tidak termasuk suhu ekstrem seperti gelombang panas yang terjadi di luar negeri," sambung Asep.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat sekitar tidak melakukan pembakaran apapun di sekitar perkebunan karena bisa memicu kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Selain itu para pendaki di kawasan pegunungan diimbau untuk tidak membuang putung rokok yang masih menyala ke semak belukar karena juga bisa memicu kebakaran hutan.

Baca Lainnya : Antisipasi Karhutla, 17 Helikopter BNPB Siap Siaga

Potensi karhutla pada cuaca terik seperti ini sangat mungkin terjadi kebakaran karena tidak dikontrol walaupun lahan yang dibakar tersebut adalah milik perorangan.

"Ini yang kami harapkan, karena bila tidak akan muncul hotspot-hotspot di beberapa tempat di daerah ini. Kita berharap tidak terjadi seperti 2015 lalu, di mana cukup banyak terdeteksi titik api di Provinsi Sulut," tutupnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: