Kemenkop dan UKM Suntik Dana Modal Awal ke 11.668 UMK di Riau 

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
27 Juli 2018   19:15

Komentar
Kemenkop dan UKM Suntik Dana Modal Awal ke 11.668 UMK di Riau 

gerabah (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Koperasi dan UKM memberikan akses pembiayaan dan bantuan modal awal usaha (start up capital) kepada 11.668 UMK (Usaha Mikro Kecil) di provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Pemberian akses pembiayaan dan bantuan modal awal usaha ini, merupakan bagian dari program prioritas di bidang pembiayaan dalam rangka pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), apalagi Batam merupakan wilayah kepulauan terdepan perbatasan yang menjadi wilayah prioritas untuk diperhatikan," ujar Deputi Bidang Pembiayaan KUKM, Kemkop dan UKM, Yuana Sutyowati, dalam keterangan tertulis Jumat (27/7) pagi.

Yuana menegaskan, pemberian akses pembiayaan ini, menunjukkan komitmen dan keseriusan Deputi Bidang Pembiayaan melalui sinergi dengan Wali Kota Batam dan dukungan Komisi VI DPR untuk mengembangkan dan memberdayakan UMK agar mampu berkembang dan berdaya secara mandiri.

Baca Lainnya: Kemenkop dan UKM Targetkan Furniture Rp 26 T pada  2018

"Peran Koperasi Simpan Pinjam (KSP) sangat strategis sebagai solusi untuk perluasan akses UMKM terhadap permodalan. Pasalnya jumlahnya secara nasional cukup signifikan, yaitu 79.543 unit,” kata Yuana. 

Jumlah itu terdiri dari atas 19.767 KSP dan 59.776 USP dengan jumlah anggota 26 juta (41,34%) dari total pelaku UMKM seluruh Indonezia (62,9 juta).

Yuana menambahkan, saat ini fungsi intermediasi lembaga keuangan kurang optimal. Sejumlah kendalanya antara lain infrastrusktur jasa keuangan belum menjangkau tingkat bawah atau UMK.

Akses UMKM terhadap sumber daya produktif pun saat ini masih terbatas.”Data BI 2017 menunjukkan saat ini baru 19,98% saja UMK yang tercatat sebagai debitur, dan 25,6% untuk pemilik rekening,” kata dia.

Sementara itu Anggota Komisi VI DPR, Nyak Kadir, menyatakan, dukungannya atas langkah-langkah strategis Kemkop dan UKM dalam upayanya memberdayakan UMK melalui koperasi, khususnya dalam hal akses pembiayaaan. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: