Siang Ini, Gunung Agung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Capai 2.000 Meter

TrubusNews
Syahroni
27 Juli 2018   14:30 WIB

Komentar
Siang Ini, Gunung Agung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Capai 2.000 Meter

Gunung Agung kembali erupsi, Jumat (27/7) siang. (Foto : Doc/ PVMBG)

Trubus.id -- Jumat (27/7) siang, Gunung Agung di Bali kembali menunjukkan aktivitasnya. Erupsi yang terjadi kali ini menghasilkan kolom setinggi 2.000 meter di atas puncak atau sekitar 5.142 meter di atas permukaan laut.

Melalui situs resminya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, Gunung Agung kembali erupsi tepat pukul 14.06 Wita. Kolom abu teramati berwarna putih-kelabu dengan intensitas tebal dan condong ke arah barat.

Baca Lainnya : Ketika Gunung Agung Kembali Bergeliat di Penghujung Pekan

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi ± 1 menit 32 detik," demikian keterangan PVMBG.

Kondisi Gunung Agung sendiri kini masih berstatus siaga (level III). Untuk itu, warga diminta tak melakukan pendakian ataupun aktivitas dalam radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung.

Baca Lainnya : Hari Ini, Gunung Agung Bali Kembali Lontarkan Abu Vulkanik 1.500 Meter

Namun dijelaskan, zona perkiraan bahaya ini bersifat dinamis dan terus dievaluasi serta berubah sewaktu-waktu. Karenannya, warga yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung diminta waspada pada aliran lahar hujan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: