Ratusan Mahasiswa Kedokteran Cek Kondisi Hewan Kurban di Jogja

TrubusNews
Astri Sofyanti
27 Juli 2018   13:45 WIB

Komentar
Ratusan Mahasiswa Kedokteran Cek Kondisi Hewan Kurban di Jogja

Periksa hewan kurban (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jelang Idul Adha 1439 Hijriah, Dinas Pertanian Yogyakarta menerjunkan 200 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gajah Mada untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban.

“Kami melibatkan mahasiswa kedokteran hewan untuk menjamin kesehatan daging hewan kurban,” terang Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Yogyakarta Sutarno di Yogyakarta Jumat (27/7).

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya bersama para mahasiswa kedokteran hewan akan memeriksa kesehatan hewan kurban di 2.000 titik penyembelihan hewan dan pedagang hewan kurban mulai dari tingkat kecamatan hingga dusun.

Baca Lainnya: Selain Kesehatan, Pedagang Juga Harus Perhatikan Kesejahteraan Hewan Kurban

"Selain memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban, kami juga memberikan pelatihan kepada para mahasiswa kedokteran sebelum diterjunkan ke lapangan," sambungnya.

Tak hanya melibatkan mahasiswa kedokteran hewan, Dinas Pertanian Yogyakarta juga akan menerjunkan dokter hewan di 40 Pusat Kesehatan Hewan.

Sebelumnya petugas Dinas Pertanian dan Pusat Kesehatan Hewan yang tersebar di lima kabupaten/kota juga telah memeriksa hewan-hewan kurban di tingkat peternak.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan sebelumnya hewan-hewan kurban di Yogyakarta bebas dari penyakit seperti antrax maupun penyakit hewan lain yang bisa menular ke manusia.

Baca Lainnya: Seluruh Hewan Kurban di Jogja Dijamin Bebas Penyakit

Meski begitu, pihaknya akan terus memastikan bahwa tidak ada penyakit berbahaya pada hewan kurban.

“Dinas Pertanian akan meningkatkan intensitas pengawasan sapi atau domba di pasar tempat penjualan hewan kurban serta rumah pemotongan hewan (RPH),” paparnya.

Ia juga mengatakan bahwa stok sapi yang ada di Yogyakarta dalam keadaan cukup jadi kemungkinan tidak ada hewan kurban dipasok dari luar Yogyakarta.

“Jumlah keseluruhan populasi sapi baik jantan maupun betina di DIY saat ini 300.000 ekor, tidak jauh berbeda dengan persediaan tahun 2017. Sementara stok ternak siap potong pada 2018, menurut dia, diperkirakan meliputi 25.000 sapi, serta 50.000 kambing dan domba,” tutup Sutarno. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Jokowi Perintahkan Perkuat Ekonomi Desa di Tengah Pandemi

Peristiwa   25 Sep 2020 - 09:39 WIB
Bagikan: