Kebakaran Hutan Capai 10 Ha, Jambi Siaga Darurat

TrubusNews
Astri Sofyanti
27 Juli 2018   11:00 WIB

Komentar
Kebakaran Hutan Capai 10 Ha, Jambi Siaga Darurat

Karhutla (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Cuaca panas yang terjadi sejak beberapa hari belakangan di Provinsi Jambi menyebabkan munculnya titik api hingga menimbulkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Karhutla terjadi di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi terbakar dengan luas mencapai 10 hektar.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jambi menaikan status kebakaran lahan di Jambi menjadi status siaga darurat. Hal ini dikarenakan penyebab kebakaran lahan yang terpantau sebanyak 109 titik panas di seluruh kawasan Jambi.

“Kebakaran semakin meluas, saat ini kita prediksi mencapai lebih dari 10 hektare. Sampai saat ini api belum bisa kami padamkan padahal pemadaman turut dibantu TNI, Polri, Manggala Agni, dan sejumlah pihak terkait lainnya,” kata Kepala BPBD Jambi Bachyuni kepada wartawan, di Jambi Jumat (27/7).

Baca Lainnya: Musim Kemarau Datang, Awas Bahaya Karhutla Mengancam

Lebih lanjut pihaknya mengatakan status siaga darurat juga diterapkan di sejumlah wilayah seperti di Kabupaten Sarolangun, Batanghari, Bungo, Tebo, lalu Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat serta Muaro Jambi karena telah terpantau titik panasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini tim gabungan TNI, Polri serta BPBD dan Manggala Agni telah berupaya mengatasi titik api yang terpantau, mengingat cuaca di wilayah Provinsi Jambi tengah musim kemarau.

"Sekarang kita tinggal menunggu bantuan helikopter dari BNPB untuk dapat dilakukanya Water Booming agar status siaga darurat bisa dapat teratasi. Apalagi petugas gabungan yang berada dilapangan juga selalu melakukan sosialisasi mudah-mudahan permasalahan bisa secepatnya teratasi," paparnya lagi.

Baca Lainnya: Kawasan Langganan Karhutla di Pontianak, Kebakaran Lagi

Ia mengaku masih belum mengetahui penyebab kebakaran lahan gambut. Polisi yang ikut berupaya memadamkan api juga masih menyelidiki kasus tersebut.

“Kami masih terus memantau perkembangan karena hampir seluruh bagian di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi merupakan wilayah gambut,” tutupnya. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jokowi Perintahkan Perkuat Ekonomi Desa di Tengah Pandemi

Peristiwa   25 Sep 2020 - 09:39 WIB
Bagikan:          
Bagikan: