Tahun Depan Dana Desa Ditambah, Total Anggaran Rp85 Triliun

TrubusNews
Astri Sofyanti
26 Juli 2018   15:00 WIB

Komentar
Tahun Depan Dana Desa Ditambah, Total Anggaran Rp85 Triliun

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah dalam hal ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, bantuan dana desa akan terus ditingkatkan secara signifikan tahun depan dengan total anggaran sekitar Rp85 triliun.

Dana bantuan sebesar itu digelontorkan untuk memajukan desa. Tjahjo yakin dana desa yang diberikan bisa memacu pembangunan di desa sehingga semua desa diharapkan bisa mandiri dan berkembang.

"Di era pemerintahan Presiden Jokowi, bantuan dana desa terus ditingkatkan secara signifikan," kata Tjahjo, di Yogyakarta baru-baru ini.

Baca Lainnya: Ini Kata Mendes Soal Perkembangan Dana Desa Selama Ini

Lebih lanjuta ia mengatakan, sejak 2015 hingga 2018, bantuan dana desa jumlahnya terus ditingkatkan. Misalnya pada 2015, dana yang telah dikucurkan mencapai Rp20,7 triliun.

Kemudian pada 2016, dana desa ditingkatkan lagi menjadi Rp40,9 triliun. Lalu pada 2017, dana desa kembali ditingkatkan menjadi Rp60 triliun. Jadi, total dana yang sudah digelontorkan mencapai Rp187 triliun dalam tuga tahun belakangan.

Baca Lainnya: 3 Tahun Penyaluran Dana Desa, Ini Hasilnya

"Dana desa tujuannya untuk pembangunan di desa serta untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang ada di desa," lanjut Tjahjo.

Kapuspen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar, mengatakan peningkatan dana desa merupakan komitmen pemerintah untuk mempercepat pemerataan pembangunan yang berkelanjutan. Ini sesuai dengan spirit Nawacita Presiden Jokowi, yakni membangun Indonesia.

"Rencananya memang pada 2019, dana desa jumlahnya akan ditingkatkan lagi mencapai Rp85 triliun pada 2019 mendatang," terang Bahtiar. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Bina Swadaya Kritisi UU Kontroversial Cipta Kerja

Peristiwa   24 Nov 2020 - 18:26 WIB
Bagikan:          
Bagikan: