Petugas Berhasil Jinakkan Dua Titik Api di Bengkalis Riau

TrubusNews
Ihsan Maulana
26 Juli 2018   10:45 WIB

Komentar
Petugas Berhasil Jinakkan Dua Titik Api di Bengkalis Riau

Kebakaran hutan (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Tim gabungan dari berbagai unsur, baru-baru ini berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di dua lokasi titik api di wilayah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

"Jadi dua lokasi terjadinya kebakaran ini di Kecamatan Mandau dan Pinggir, yang sudah berhasil dipadamkan oleh tim gabungan dari Maggala Agni, BPBD, Damkar, TNI dan Masyarakat Peduli Api (MPA)," ujar Kepala BPBD Bengkalis, Jaafar Arief di Bengkalis, Kamis (26/7).

Baca Lainnya: Musim Kemarau Datang, Awas Bahaya Karhutla Mengancam

Ia memamparkan, proses pemadaman tersebut memakan waktu cukup lama. Hal ini disebabkan lokasi kebakaran yang sulit dijangkau lewat jalur darat. Ditambah cuaca yang begitu panas serta angin bertiup kencang.

Jaafar merinci, lahan yang terbakar akibat karhutla, diperkirakan seluas 30 hektare, yakni 20 hetare di Kecamatan Mandau dan 10 hektare di Pinggir.

"Kalau secara rinci luas lahan terbakar sekarang belum bisa kita pastikan ya, diperkirakan sekitar 30 hektare dan lahan yang terbakar merupakan lahan kosong semak belukar," imbuhnya.

Baca Lainnya: Kawasan Langganan Karhutla di Pontianak, Kebakaran Lagi

"Walaupun sekarang api sudah padam, tetapi patroli oleh petugas tetap dilakukan setiap harinya dalam memantau titik api," sambungnya.

Di sisi lain, ia tetap mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan dalam membuka areal perkebunan, karena akibat yang ditimbulkan sangat besar apabila terbakar. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: