BPBD Siap Antisipasi Kekeringan Di Kota Serang

TrubusNews
Thomas Aquinus
25 Juli 2018   19:15 WIB

Komentar
BPBD Siap Antisipasi Kekeringan Di Kota Serang

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang memetakan ada tiga wilayah yang akan mengalami kekeringan, yakni Kecamatan Taktakan, Curug dan Kasemen saat dilanda perihal tersebut.

Maka dari itu, pihaknya saat ini sudah siap mengatasi jika Kota Serang dilanda kekeringan dan kekurangan air bersih.

"Misalkan kalau kekeringan paling sementara mendistribusikan air bersih, untuk tangki air kita siap untuk segala sesuatunya sudah dipersiapkan, misalkan warga membutuhkan air bersih kita antisipasi," kata kepala seksi kedaruratan dan logistik BPBD Kota Serang, Heri Sumbara saat dihubungi awak media, Rabu (25/7).

Baca Lainnya : BMKG Prediksi Titik-titik Rawan Kekeringan Ekstrem di DIY, Berikut Daftarnya...

Namun, meskipun mengaku sudah siap mengantisipasi, Heri berharap fenomena alam kekeringan tersebut tidak terjadi di Kota Serang. Saat ini, kata Heri, pihaknya belum menerima laporan adanya kekeringan dari relawan dibeberapa wilayah. 

"Saat ini belum ada laporan dari relawan, jadi tadi juga saya monitoring sampai ke Sawah Luhur mereka masih ada air bersih," ucapnya. 

Baca Lainnya : BPBD: Daerah Perbukitan di Bantul Rawan Kekeringan

Menurutnya, BPBD belum menerima anjuran dari hasil kajian-kajian BMKG untuk antisipasi kekeringan. Heri juga menjelaskan jika saat ini kekeringan yang terjadi disebut dengan kekeringan basah. "Iya kekeringan basah, kadang masih ada hujan," ujarnya. 

Ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu boros dalam menggunakan air bersih. Menurutnya pergunakanlah air bersih sesuai dengan kebutuhan yang ada. Terlebih bagi warga yang berada di daerah yang berpotensi terjadi kekeringan. "Potensi yang utama didaerah Kasemen titiknya di Kelurahan Sawah Luhur," katanya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Masalah Subsidi Pupuk, Begini Solusi Pakar IPB

Peristiwa   19 Jan 2021 - 08:37 WIB
Bagikan:          
Bagikan: