Seluruh Hewan Kurban di Jogja Dijamin Bebas Penyakit

TrubusNews
Ihsan Maulana
25 Juli 2018   19:00 WIB

Komentar
Seluruh Hewan Kurban di Jogja Dijamin Bebas Penyakit

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta, saat ini telah memastikan jika hewan kurban sapi dan domba di kalangan peternak di sana bebas dari penyakit berbahaya.

"Ya, jadi berdasarkan pemantauan di sejumlah peternak kami pastikan bebas dari penyakit seperti anthrax maupun penyakit zoonosis," ujar Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian DIY, Sutarno di Yogyakarta, Rabu (25/7).

Sutarno menambahkan, pihaknya bersama dengan petugas Puskeswan yang tersebar di lima kabupaten/kota, sudah melakukan pemeriksaan rutin terhadap sejumlah hewan ternak menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 hijriah yang akan tiba sebentar lagi.

Baca Lainnya : Selain Kesehatan, Pedagang Juga Harus Perhatikan Kesejahteraan Hewan Kurban

Sementara, beberapa penyakit berbahaya yang sering menyerang  sapi dan domba di antaranya cacing hati dan penyakit anthrax.

"Walau sebelumnya ada kabar hewan yang terjangkit penyakit di Bantul ya, namun setelah kami pastikan bersama dokter hewan ternyata tidak ada penyakit anthrax maupun sapi gila," jelasnya.

Baca Lainnya : Jelang Asian Games 2018, Equestrian Disterilkan dari Hewan Kurban dan Delman

Meski sampai saat ini dipastikan tidak ada penyakit berbahaya, ia menegaskan dalam mendekati hari raya Idul Adha, Distan DIY akan lebih meningkatkan intensitas pengawasan sapi serta domba, yang ada di pasar tempat penjualan hewan serta sejumlah rumah pemotongan hewan (RPH).

"Karena memang meski stok sapi di DIY sudah mencukupi, tidak menutup kemungkinan hewan kurban masuk dari luar daerah kan," tandasnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jokowi Perintahkan Perkuat Ekonomi Desa di Tengah Pandemi

Peristiwa   25 Sep 2020 - 09:39 WIB
Bagikan:          
Bagikan: