Gelombang Tinggi Robohkan Ratusan Bangunan di Gunungkidul

TrubusNews
Astri Sofyanti
25 Juli 2018   10:45 WIB

Komentar
Gelombang Tinggi Robohkan Ratusan Bangunan di Gunungkidul

Bangunan roboh, trubus.id (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Cuaca buruk yang terjadi di Kabupaten Gunungkidul memicu gelombang tinggi di sekitar perairan pesisir Selatan Gunungkidul, Yogyakarta. Akibat kondisi ini ratusan bangunan infrastruktur umum yang ada di sepanjang pantai Gunungkidul kondisinya memprihatinkan dan sebagian besar rusak parah.

Berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, gelombang tinggi yang merusak ratusan bangunan tersebut mencapai lima sampai tujuh meter.

"Infrastruktur umum di Pantai Sundak ke timur rusak, serta ratusan lapak rusak parah," terang Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 Gunungkidul, Marjono, di Pantai Gunungkidul, Rabu (25/7).

Baca Lainnya: Waspadai Gelombang Tinggi Capai 7 Meter di Perairan Lampung

Selain itu, gelombang tinggi ekstrem juga merusak posko SAR di Pantai Drini, bahkan karena gelombang cukup tinggi posko tersebut hilang tersapu ombak besar.

"Kondisi ini membuat satu personel SAR mengalami luka-luka. Saya sendiri lututnya memar saat mengevakuasi kapal," paparnya.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan gelombang tinggi telah merusak fasilitas publik di sepanjang pantai Gunungkidul. Hingga kini personel BPBD masih mendata jumlah kerusakan serta kerugian akibat peristiwa itu.

Baca Lainnya: Ruaya, Produk Unik Kerajinan Kayu dari Jogja

"Ya hampir di semua pantai di Gunungkidul terkena dampak gelombang tinggi," ujar Edy.

Lebih lanjut Edy mengatakan bahwa gelombang tinggi masih akan berlangsung hingga akhir bulan nanti.

“Penyebab gelombang tinggi di Laut Selatan dipicu adanya perbedaan tekanan udara yang signifikan. Di pusat belahan bumi bagian utara tekanan udaranya rendah, dan di belahan bumi bagian selatan tinggi,” tuturnya. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: