Tahun Ini, Pemprov DKI Akan Bangun 10 IPAL Baru Setiap Tahun

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
24 Juli 2018   22:45

Komentar
Tahun Ini, Pemprov DKI Akan Bangun 10 IPAL Baru Setiap Tahun

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam waktu dekat berencana menambah Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di ibu kota. Langkah ini diambil sebagai solusi jangka panjang untuk mencegah pencemaraan sungai-sungai yang ada di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, 10 IPAL komunal akan dibangun setiap tahun. Ia menyebut, setiap IPAL yang dibangun nantinya menampung limbah dari 150 kepala keluarga (KK).

Baca Lainnya : Ini Kata Gubernur DKI Jakarta Soal Lautan Busa di KBT Marunda

Proyek IPAL komunal saat ini memasuki tahap lelang. Selain itu, pemerintah juga akan membangun 44 IPAL sanitasi berbasis masyarakat (sanimas) dengan kapasitas untuk limbah 50-100 KK. Namun, Anies ingin jumlah IPAL yang dibangun diperbanyak. 

"Pembangunan IPAL komunal itu dilakukan 10 tiap tahun. IPAL sanimas (dibangun) di 44 lokasi," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (24/7).

Hal lain yang akan dilakukan Pemprov DKI yakni bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun IPAL yang lebih besar dan mampu menampung limbah 500-700 KK di Cimanggis, Jakarta Timur, dan Semper Barat, Jakarta Utara.

Baca Lainnya : Sidak Sumur Resapan, Gubernur DKI Temukan Hotel Mewah yang Bermasalah

Di samping pembangunan infrastruktur, Anies menyebut Pemprov DKI juga akan membuat rekomendasi teknis untuk izin IPAL yang akan dibangun industri. Tak hanya itu, Pemprov DKI juga akan merancang peraturan daerah (perda) terkait pengendalian pencemaran limbah. 

"Industri yang melanggar, sanksinya ada di perda, dan kita akan terapkan sanksi itu," kata Anies. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Mentan Amran: Mau Kaya, Jadi Petani!

Astri Sofyanti   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: