Panglima TNI: 99 Persen Karhutla Akibat Ulah Manusia

TrubusNews
Syahroni
24 Juli 2018   22:15 WIB

Komentar
Panglima TNI: 99 Persen Karhutla Akibat Ulah Manusia

Personel Kodim 0116/Nara Lakukan Patroli Titik Api. (Foto : Doc/ TNI)

Trubus.id -- Sejak 2 pekan terakhir, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus terjadi di berbagai wilayah di Sumatera Selatan. Menurut informasi, hingga kini sudah 240 hektare lahan di wilayah tersebut yang sudah ludes dilalap api.

Kondisi ini tentunya dapat mempengaruhi gelaran Asian Games 2018 yang sebentar lagi akan berlangsung. Karena itu, berbagai upaya pun dilakukan untuk menanggulangi masalah ini. Pelaku pembakaran lahan pun dicari.

Baca Lainnya : Antisipasi Karhutla, 17 Helikopter BNPB Siap Siaga

Yah, langkah ini diambil lantaran diduga kuat, 99 persen lahan yang terbakar karena ulah manusia. Dugaan ini sendiri dilontarkan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto usai ia meninjau langsung karhutla di Sumatera Selatan, Selasa (24/7). 

"Penyebab kebakaran 99 persen karena dibakar, tapi belum ditemukan alat bukti untuk membuktikan pelakunya. Oleh sebab itu nanti digelar operasi pagar betis dalam waktu dekat oleh Danrem dan Polda," ujar Hadi di kantor BPBD Sumsel usai memimpin rapat karhutla, Palembang, Selasa (24/7). 

Operasi pagar betis ini, kata Hadi, untuk membuktikan pelaku pembakaran lahan. Fokus akan dilakukan di daerah Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir karena kerap terjadi kebakaran.

Baca Lainnya : Polda Riau Amankan 6 Tersangka Penyebab Karhutla, Tak Satu Pun dari Korporasi

BMKG memprediksi dalam lima hari ke depan Sumsel akan memasuki zona merah. Saat itu, jadi puncak kerawanan terjadinya karhutla.

"Lima hari ke depan BMKG memprediksikan potensi kebakaran cukup tinggi untuk di Sumatera Selatan. Ini juga harus menjadi perhatian agar dapat diantisipasi sejak dini," katanya. [RN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: