Hari Ini Gunung Agung 3 Kali Erupsi, Aktivitas Bandara Ngurah Rai Masih Normal

TrubusNews
Ihsan Maulana
24 Juli 2018   18:15 WIB

Komentar
Hari Ini Gunung Agung 3 Kali Erupsi, Aktivitas Bandara Ngurah Rai Masih Normal

Gunung Agung. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mendeteksi, Gunung Agung hari ini telah mengalami tiga kali erupsi. Dalam peristiwa kali ini, ketinggian abu letusan pertama mencapai 1.500 meter. Pada letusan kedua dan ketiga, mencapai 700 meter.

"Meski terjadi erupsi, energinya per saat ini belum tinggi. Tren selanjutnya akan kami ikuti," ujar Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana ketika dikonfirmasi awak media, Selasa (24/7).

Baca Lainnya : Efek Abu Gunung Agung, Ratusan Hektar Tanaman Mati

Sementara itu, PVMBG juga mencatat erupsi pertama, terjadi pada pukul 12.52 Wita dengan ketinggian kolom abu sekitar 1.500 meter di atas puncak kawah.

Abu vulkanik teramati berwarna putih dan abu-abu, dengan intensitas tebal yang mengarah timur dan tenggara. Amplitudonya mencapai 23 mm yang berdurasi selama tiga menit 26 detik.

Kemudian pada erupsi kedua dan ketiga, terjadi masing-masing pukul 13.36 dan 14.36 WITA, dengan ketinggian kolom abu masing-masing sekitar 700 meter di atas puncak kawah.

Baca Lainnya : Tenang, PVMBG Nyatakan Aktivitas Gunung Agung Menurun

Pada erupsi kedua dan ketiga, PVMBG melihat abu vulkanik gunung berwarna kelabu dengan intensitas sedang, yang mengarah timur-tenggara.

Namun meski terjadi erupsi, operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali masih dalam tahap normal dan tidak terdampak.

"Ya, bandara Ngurah Rai masih beroperasi aman dan normal," jelas Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: