Peternak Optimis Harga Daging Ayam Akan Turun Pekan Depan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
24 Juli 2018   19:15

Komentar
Peternak Optimis Harga Daging Ayam Akan Turun Pekan Depan

Pedagang daging ayam. (Foto : Trubus.id/ Ridwan Syamsu)

Trubus.id -- Harga daging ayam beberapa waktu belakangan ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Di DKI Jakarta, harga daging ayam rata-rata berkisar Rp37.000 per kilogram (kg). Sementara itu, di Jawa Tengah, harga daging ayam mencapai Rp40.000 per kg. 

Akibat kondisi itu para pedagang lebih memilih tak berjualan sementara waktu.

Baca Lainnya : Selain Dolar, Faktor Ini Juga Pengaruhi Lonjakan Harga Daging Ayam di Sleman

Menanggapi kondisi ini, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar), Atung mengatakan, tingginya harga daging ayam terjadi karena peternakan ayam broiler atau ayam potong belum memiliki pasokan.

Saat ini, ayam tersebut masih dalam masa ternak selama satu bulan. Sehingga diperkirakan penurunan harga daging ayam baru bisa terjadi satu minggu mendatang.

"Kalau daging ayam seminggu lagi juga beres. Karena baru cek in (ternak ayam broiler) kan satu minggu sesudah Lebaran," ungkapnya kepada wartawan, di Semarang, Selasa (24/7).

Kondisi ini juga ditanggapi oleh Direktur Jenderal Perternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Ketut Diarmita. Ia mengatakan, saat ini pihaknya tengah bekerja sama denhgan satgas pangan untuk mengatasi tingginya harga daging ayam tersebut.

Baca Lainnya : Harga Terus Naik, Pedagang Ayam Potong di Temangung Mogok Jualan

Untuk itu ia berharap para pedagang jujur dan tidak berlaku curang demi menghindari peningkatan harga tersebut.

"Kejujuran, keterbukaan semua pihak dan satu visi. Siapa yang ngatur broker dan bakul-bakul itu harus terdaftar dengan baik," tutup Ketut. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: