Gelombang Panas di Jepang, Diprediksi Terjadi Hingga Awal Agustus Mendatang

TrubusNews
Astri Sofyanti
24 Juli 2018   14:45 WIB

Komentar
Gelombang Panas di Jepang, Diprediksi Terjadi Hingga Awal Agustus Mendatang

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gelombang panas yang tengah melanda Jepang memecahkan rekor suhu tertinggi di negara itu. Yah, cuaca terpanas di negeri sakura itu tercatat sudah mencapai 41,1 derajat Celcius. Suhu setinggi itu tercatat melanda kawasan Kumagaya, atau berjarak sekitar 86 kilometer dari Ibukota Tokyo.

Sebelumnya, rekor suhu tertinggi di Jepang tercipta 5 tahun yang lalu. Saat itu, suhu udara mencapai 41 derajat Celcius di Shimanto, Prefektur Kochi.

Pecahnya rekor suhu terpanas di Jepang tentu berdampak terhadap korban yang ditimbulkannya. Pemerintah Jepang mencatat, akibat bencana gelombang panas tahun ini, sudah 77 orang dilaporkan meregang nyawa. Sementara itu, 30.000 orang lainnya kini harus dirawat di rumah sakit.

Baca Lainnya : Pecahkan Rekor Baru, Suhu Udara di Jepang Mencapai 41,1 Derajat Celsius

Baca Lainnya : Pasca Banjir Ganas, Jepang Dilanda Cuaca Panas

Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, Selasa, (24/7) mengatakan, gelombang panas yang melanda Jepang akhir-akhir ini menyebabkan masyarakat seperti hidup di sauna.

Karena itu, agar korban tidak semakin banyak, Badan Meteorologi Jepang mengimbau masyarakat untuk minum air lebih sering. Pemerintah setempat memperkirakan kondisi ini masih akan berlanjut hingga awal Agustus 2018 khususnya di bagian barat dan timur Jepang.

"Orang-orang di kawasan yang suhunya mencapai 35 derajat atau lebih harus sangat berhati-hati. Walau suhunya rendah, cuaca panas bisa berbaya bagi anak-anak dan orang lanjut usia," demikian pernyataan Badan Meteorologi, dikutip AFP, Selasa (24/7). [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: