Pecahkan Rekor Baru, Suhu Udara di Jepang Mencapai 41,1 Derajat Celsius

TrubusNews
Syahroni
24 Juli 2018   06:30 WIB

Komentar
Pecahkan Rekor Baru, Suhu Udara di Jepang Mencapai 41,1 Derajat Celsius

Gelombang panas landa Jepang sejak 2 pekan terakhir. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sudah dua pekan belakangan, Jepang gelombang panas melanda wilayah Jepang. Dampaknya, seperti dilansir Reuters Senin (23/7) kemarin, korban tewas akibat kondisi ini sudah mencapai 23 orang. Tak hanya itu, ribuan orang lainnya pun terpaksa dirawat di sejumlah rumah sakit.

Namun meski korban sudah banyak berjatuhan, nampaknya cuaca panas ekstrem ini belum juga berlalu. Bahkan yang mengkhawatirkan, kondisinya semakin parah. Rekor suhu terpanas pun sudah terpecahkan.

Yah, Senin (23/7) kemarin, Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyatakan, suhu udara yang tercatat di wilayah Kumagaya di Prefektur Saitama, yang terletak di sebelah barat daya ibu kota Tokyo, mencapai angka 41,1 derajat Celsius. 

Baca Lainnya : Pascabanjir, Gelombang Panas di Jepang Tewaskan 14 Orang

Baca Lainnya : Pasca Banjir Ganas, Jepang Dilanda Cuaca Panas

Suhu udara di Kumagaya itu melampaui rekor sebelumnya yang dipegang wilayah Kochi dengan 41 derajat Celsius pada Agustus 2013 lalu. 

Wilayah Jepang dilanda cuaca panas ekstrem selama dua pekan terakhir. Suhu udara semakin naik pada awal pekan ini. Suhu di salah satu bagian pada area di pinggiran Tokyo dilaporkan melampaui angka 40 derajat Celsius. Sedangkan di bagian pusat Tokyo, suhu udara tertinggi mencapai 39 derajat Celsius pada Senin (23/7) sore waktu setempat. 

Gelombang panas ini sendiri disebabkan oleh pertemuan dua sistem tekanan udara tinggi di wilayah Jepang. Diperkirakan cuaca ekstrem ini akan sedikit mereda pekan ini. Namun meski demikian, suhu udara di sejumlah wilayah di negeri Sakura ini masih akan berkisar pada angka 33 derajat Celsius. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: