Bandung Dilanda Hujan Es, Ini Penjelasan BMKG

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
23 Juli 2018   19:15

Komentar
Bandung Dilanda Hujan Es, Ini Penjelasan BMKG

Hujan es (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Hujan yang disertai angin kencang di Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/7) malam mengagetkan sebagian warga di Kabupaten Bandung, hal ini karena hujan turut membawa bongkahan es. Peristiwa tersebut membuat rumah warga di Kecamatan Bojongsoang dan Baleendah mengalami kerusakan pada bagian atap.

Menanggapi fenomena hujan es tersebut, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan fenomena ini biasa terjadi dan bukan suatu hal yang aneh.

"Hujan es ini wajar terjadi," kata Tony di Bandung, Senin (23/7).

Baca: Cuaca Buruk, Hujan Es dan Puting Beliung Menerjang Sulawesi

Lebih lanjut ia menjelaskan proses hujan disebabkan karena gangguan cuaca jangka pendek dengan skala lokal.

“Hal ini terjadi karena adanya perubahan pola angin sehingga terdapat wilayah konvergensi yang menyebabkan terkonsentrasinya pembentukan awan hujan jenis cumulonimbus, yang terkumpul di sekitar wilayah Bandung,” paparnya.

Ia memprediksi hujan es masih akan terjadi di Bandung dalam riga hari ke depan. Meski begitu, Toni menegaskan bahwa hujan es biasanya hanya bedurasi singkat.

“Biasanya hanya terjadi sekitar 10 menit,” tambahnya lagi.

Baca Lainnya: BMKG: Jangan Kaget, Hujan Es Biasa Terjadi di Musim Pancaroba

Wilayah Baleendah dan Dayeuhkolot yang terjadi hujan es disebabkan karena adanya awan cumulonimbus yang ketinggiannya lebih dari lima kilometer dari permukaan bumi, sehingga melewati lapisan beku di udara.

"Butiran es tersebut turun ke permukaan bumi, berkurang ukurannya menjadi butiran kecil es karena gaya gesek udara," terang Toni.

Berdasarkan penuturan seorang warga di Baleendah, Siti mengatakan akibat hujan es itu, atap rumahnya ikut berdampak dan rusak.

"Atap rumah saya dan tetangga lain bocor, karena esnya yang turun banyak,” ucap Siti.

Akibat hujan es yang disertai angin kencang itu membuat sejumlah pohon tumbang menimpa tiang listrik sehingg mengakibatkan padam listrik di sejumlah kawasan seperti Cigado, Jl Raya Grand Laswi, Munjul, Jl Bojong Soang, Sukajadi, Matahari Stella, dan Mekarsari.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: