Harga Terus Naik, Pedagang Ayam Potong di Temangung Mogok Jualan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
23 Juli 2018   11:15

Komentar
Harga Terus Naik, Pedagang Ayam Potong di Temangung Mogok Jualan

Daging ayam (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sejumlah pedagang ayam potong di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah melakukan mogok dagang. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk protes pedagang karena harga daging ayam tak kunjung turun.

Seperti yang dilakukan pedagang daging ayam di Pasar Kliwon Rejo Amertani, Triyati di Temanggung, mengatakan banyak pedagang tidak berjualan karena pemasok daging ayam dari tempat pemotongan sedang melakukan unjuk rasa di Magelang.

"Tidak ada satu pun pemasok daging ayam yang berangkat berjualan, jadi kami tidak bisa berjualan," ucapnya di Temanggung, Senin (23/7).

Baca Lainnya: Peternak Ayam Petelur di Purwokerto Ingin Potong Ayam Peliharaannya, Kenapa?

Menurutnya mogok jualan ini juga diikuti oleh pemasok daging ayam ke pasaran karena harga ayam hidup terus melonjak.

Triyati mengatakan, pada kondisi normal harga ayam ras hidup berkisar antara Rp18.000 sampai Rp20.000 per kilogram (kg).

Tapi saat ini, harga ayam ras hidup dijual dengan harga Rp25.000 per kg, bahkan informasi yang diterima oleh para pemasok daging ayam potong, harga ayam ras hidup akan naik lagi menjadi Rp30.000 per kg.

"Hal ini yang membuat kesal para pemasok daging ayam potong, harga ayam ras hidup terus naik. Oleh karena itu mereka melakukan unjuk rasa," terangnya.
Baca Lainnya: Regulasi Bisnis Ternak Ayam Tidak Berpihak Pada Peternak Kecil

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa tingginya harga ternak hidup ini sudah terjadi sejak bulan Ramadan lalu, kemudian puncaknya terjadi saat Idul Fitri. Harga tersebut hingga saat ini belum mengalami penurunan yang signifikan.

Pedagang yang lain, Nana menuturkan biasanya harga daging ayam potong akan mengalami penurunan usai Idul Fitri. Tapi hingga saat ini harga ayam ras masih mahal.

"Karena dari pemasok harganya belum turun, maka saat ini harga daging ayam juga belum turun," tutur Nana.

Ia menyebutkan daging ayam masih dijual di atas Rp35.000 per kg, padahal biasanya harga normalnya sekitar Rp30.000 per kg.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: