Jalur Pendakian di Gunung Merapi Kembali Ditutup  

TrubusNews
Astri Sofyanti
23 Juli 2018   10:15 WIB

Komentar
Jalur Pendakian di Gunung Merapi Kembali Ditutup  

Gunung Merapi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Magma Volcanic Activity Report (Magma VAR) kembali mengeluarkan rekomendasi terkait dengan kembalinya aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang berada di Jawa Tengah serta berbatasan langsung dengan Jogja.

Rekomendasi tersebut meliputi berbagai kegiatan dan aktivitas pendakian di Gunung Merapi untuk sementara waktu kembali dilarang, kecuali untuk kepentingan penyelidikan serta penelitian yang berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

"Peringatan ini dirilis sehubungan dengan kondisi terkini aktivitas vulkanik gunung berapi ini, periode pengamatan Minggu (22/7) pukul 18.00 sampai pukul 24.00 WIB," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Sarwa Permana di Semarang, Senin (23/7).

Baca Lainnya: Pariwisata, Sektor Paling Terdampak Akibat Letusan Freatik Gunung Merapi

Lebih lanjut Sarwa mengatakan berdasarkan data yang dikeluarkan Kementeran Energi Sumber Daya Manusia (ESDM), Badan Geologi, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), saat ini tingkat aktivitas gunung Merapi berada pada Level II (Waspada).

Selain tidak direkomendasikannya aktivitas pendakian di gunung dengan ketinggian 2.968 mdpl ini, radius tiga kilometer dari puncak Merapi untuk dikosongkan dari berbagai aktivitas penduduk sekitar.

Warga yang bermukim di KRB lll diimbau meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi. Jika terjadi perubahan aktivitas gunung Merapi yang signifikan maka status Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali.

Baca Lainnya: Mau Liburan ke Gunung Merapi, Ingat Pesan BNBP Sleman

Selain itu Sarwa menegaskan, masyarakat untuk tidak mudah terpancing isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang jelasnya tidak dapat dipertanggungjawabkan serta tetap mengikuti arahan dari petugas terkait atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan gunung Merapi terdekat.

"Pemerintah daerah, khususnya Kabupaten Sleman, Magelang, Boyolali, dan Kabupaten Klaten serta DI Yogyakarta dan Jawa Tengah direkomendasikan untuk menyosialisasikan terkait kondisi gunung Merapi saat ini," tutupnya. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Jagung Provit Alternatif Bahan Pangan Sehat

Inovasi   28 Sep 2020 - 20:52 WIB
Bagikan: