5 Keuntungan Mengelola Sampah Organik Pakai Magot

TrubusNews
Karmin Winarta | Followers 0
22 Juli 2018   19:00

Komentar
5 Keuntungan Mengelola Sampah Organik Pakai Magot

Magot (Foto : Karmin Winarta)

Trubus.id -- Sampah, khususnya sampah organik jika dikelola dengan baik akan menghasilkan nilai ekonomis. Namun sayangnya, masih banyak orang yang enggan melakukannya. Padahal ada cara mudah untuk melakukan hal itu. Dengan memanfaatkan magot contohnya.

Menurut Heriyanto dari Unit Pengelolaan Sampah (UPS) Merdeka Depok, mengelola sampah organik mempunyai banyak manfaat. Laki-laki yang bekerja di Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok ini telah melakukan budi daya magot sejak 4 tahun lalu. Namun ia mengaku masih dalam skala kecil, belum sampai skala bisnis.

Menurut Heriyanto, berikut beberapa manfaat mengelola sampah menggunakan magot.

1. Pengurai sampah 

Magot atau larva atau belatung yang dihasilkan dari telur lalat hitam sangat aktif memakan sampah organik. Sampah rumah tangga seperti sayur, buah dan lainnya bisa sangat cepat diurai menjadi pupuk. 

2. Tidak Berbau

Sampah organik yang membusuk akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Apalagi jika sampah tersebut jumlahnya banyak. Untuk mencegahnya kita bisa meminta pertolongan magot. Setelah sampah rumah tangga kita pilah, sampah organik bisa langsung kita berikan kepada magot-magot yang rakus. 

Baca Lainnya: Magot, Pengolah Sampah Organik yang Handal

Sampah organik yang langsung dimakan magot tersebut tidak sempat menimbulkan bau atau aroma tidak sedap.

3. Menghasilkan Pupuk

Magot yang makan sampah organik tersebut akan mengeluarkan kotoran. Nah kotoran ini sangat baik untuk dijadikan pupuk alami.  Pupuk yang dihasilkan para magot ini bisa bernilai ekonomis tinggi.

Baca Lainnya: Sejak 4 Tahun Lalu Depok Mengolah Sampah Organik Pakai Magot

4. Magot sebagai alternatif pakan ternak

Di tengah tingginya pakan ternak, magot adalah salah satu alternatif pakan ternak yang cukup murah. Magot mengandung protein yang cukup tinggi. Magot yang berwana kuning pucat itu bisa dipakai untuk pakan ikan atau ayam.

5. Biaya Murah

Dibanding dengan mengolah sampah organik dengan teknologi, mengolah sampah dengan bantuan magot sangat murah. Kita hanya menyediakan kandang lalat hitam yang berasal dari kayu dan kain hitam, juga bak-bak untuk memelihara magot sehingga mereka mampu mengolah sampah menjadi pupuk organik. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: