Gempa 5,5 SR di Padang, Satu Korban Tewas dan 12 Rumah Rusak Berat

TrubusNews
Binsar Marulitua
22 Juli 2018   07:00 WIB

Komentar
Gempa 5,5 SR di Padang, Satu Korban Tewas dan 12 Rumah Rusak Berat

Gempa 5,5 SR di Padang, Satu Korban Tewas dan 12 Rumah Rusak Berat (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gempa bumi yang berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) di wilayah Sumatra Barat tidak hanya  berdampak pada rusaknya sejumlah bangunan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Sumatera Barat untuk sementara melaporkan satu orang meninggal.

Korban Meninggal atas nama Bustami Buyuang,(63) warga Dusun Rawang, Jorong Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.  Sementara itu kerugian materil tercatat 12 rumah mengalami kerusakan  berat. 

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,5 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,4.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,07 LS dan 100,55 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km arah barat daya Kota Solok, Kabupaten Solok, Propinsi Sumatra Barat pada kedalaman 14 km," kata  Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono seperti dalam keterangan Sabtu (21/7) malam. 

Baca ainnya: Siapkah Jakarta Menghadapi Gempa Bumi Megathrust M 8,7

Menurutnya, gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Solok ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, merupakan jenis gempa bumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang terjadi akibat aktivitas Zona Sesar Sumatera (Sumatera Fault Zone) pada segmen Sumani.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar geser mendatar (Strike Slip)," tandasnya.

Dampak gempa bumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG), urainya, menunjukkan bahwa guncangan dirasakan antara lain di daerah Kota Padang dan Painan. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: