Hari Ini Obor Asian Games Singgah di Kota Kelahiran Bung Karno

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
20 Juli 2018   20:45

Komentar
Hari Ini Obor Asian Games Singgah di Kota Kelahiran Bung Karno

Bung Karno (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Obor Asian Games 2018, hari ini singgah di Kota Blitar, Jawa Timur, atau lebih tepatnya di Makam Soekarno, setelah sebelumnya diberangkatkan dari Solo, Jawa Tengah. 

"Kami turut berbangga Kota Blitar menjadi satu dari 54 kabupaten-kota di Indonesia yang disinggahi obor Asian Games 2018," ungkap Wakil Wali Kota Blitar, Santoso di areal Makam Bung Karno, Blitar, Jumat (20/7).

Obor Asian Games 2018 sampai di Makam Bung Karno pada pukul 13.08 WIB, bersama rombongan yang dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani dan Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir.

Baca Lainnya : Singgahi Bali, Api Obor Asian Games Akan Diarak ke Tempat-tempat Ini

Sementara rombongan yang menjadi bagian dari Kirab Obor (Torch Relay) Asian Games 2018 ini, disambut pejabat pemerintah kota dan kabupaten Blitar yakni Wakil Wali Kota Blitar Santoso serta Bupati Blitar, Rijanto dan pejabat kepolisian dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota dan Kabupaten Blitar. 

Selain itu, kegiatan penyambutan ini juga dimeriahkan oleh pertunjukan seni alat musik jimbe oleh 30 seniman, dari kelompok Anoraga Percussion serta barisan pelajar Kota Blitar.

Diketahui, pemilihan Makam Bung Karno di Kota Blitar sebagai persinggahan obor api Asian Games 2018 ini, dikarenakan sang proklamator kemerdekaan RI ini dianggap sebagai salah satu sosok utama atas suksesnya penyelenggaraan perdana Asian Games di Indonesia pada tahun 1962 silam.

Baca Lainnya : Sambut Asian Games, Kali Kemayoran yang Kumuh Ditutupi Kain Hitam

Demi terselenggaranya Asian Games saat itu, Soekarno juga memprakarsai berdirinya kompleks olahraga di Senayan yang kemudian dikenal dengan nama Kawasan Gelora Bung Karno. 

Setelah singgah di Blitar, selanjutnya Obor Asian Games 2018 akan dibawa ke Malang untuk diarak keliling kota, dan dibawa ke puncak Gunung Bromo lalu diteruskan ke Probolinggo, Jawa Timur. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: