BMKG Wilayah I Medan Deteksi 56 Titik Panas di Sumut

TrubusNews
Diah Fauziah
20 Juli 2018   09:30 WIB

Komentar
BMKG Wilayah I Medan Deteksi 56 Titik Panas di Sumut

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan. (Foto : Kontributor Trubus.id/ Reza Perdana)

Trubus.id -- Hot spot atau titik panas ditemukan di beberapa daerah di Sumatra Utara (Sumut). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mendeteksi ada sekitar 56 titik panas di Sumut.

Kepala Bidang Informasi dan Data BMKG Wilayah I Medan, Syahnan mengatakan, selain ditemukannya titik panas, Juli 2018 merupakan puncak kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumut dan provinsi lainnya di Indonesia.

Baca Lainnya : 9 Titik Kebakaran Hutan Terdeteksi Satelit BMKG di Jambi

"Dari 56 titik hot spot yang tercatat tersebut, tingkat kepercayaannya di atas 50 persen. Yang kita pantau titik panasnya, bukan kebakaran hutannya," kata Syahnan, Kamis (19/7).

Dari 56 titik panas yang tersebar di Sumut, ada dua wilayah yang paling banyak terdeteksi BMKG, yakni wilayah di Kabupaten Labuhanbatu dan Simalungun.

“Labuhanbatu dan Simalungun paling diwaspadai karena titik panas di daerah itu sering terjadi,” jelasnya.

Baca Lainnya : Kebakaran di Kawasan Wae Wuul, Tidak Masuk Kawasan Wisata TNK

Selain titik panas, Syahnan mengatakan jika beberapa daerah pegunungan yang ada di Sumut mengalami tingkat curah hujan tinggi. Walaupun kemungkinan titik hot spot-nya kecil, harus tetap diwaspadai sebaran asapnya.

“Kita imbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, terutama di tempat lahan yang kering. Masyarakat juga harus mematuhi peringatan dari pihak terkait,” tandasnya. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: