Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan ke-22 Fokuskan Sampah Plastik

TrubusNews
Binsar Marulitua
19 Juli 2018   15:30 WIB

Komentar
Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan ke-22 Fokuskan Sampah Plastik

Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang ke-22 di Jakarta (Foto : Binsar Marulitua/trubus.id)

Trubus.id -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang ke-22 di Jakarta Convention Center pada 19-21 Juli 2018. 

Acara yang bertemakan 'Kendalikan Sampah Plastik' menampilkna pameran dan prestasi lingkungan hidup yang berasal dari Pemerintah kementerian lembaga terkait,  Provinsi/Kota/Kabupaten, perusahaan Swasta dan Multinasional, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Organisasi Internasional terkait Organisasi Masyarakat, Perguruan Tinggi dan lembaga penelitian. 

"Kurang lebih ada 78 peserta. 24 Kementerian Lembaga terkait, 22 peserta BUMN/Swasta. !7 Pemerintahan Provinsi , 11 Pemerintahan Kota, dan 3 Pemerintah kabupaten,"  Jelas Direktur Jendral Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun, KLHK,  Rosa Vivien Ratnawati. 

Baca Lainnya:Terobosan Baru Inggris Tanggulangi Sampah Plastik

Rosa Menjelaskan Pekan Lingkungan HIdup dan Kehutan 2018 dimeriahkan sejumlah acara seperti Talkshow, Workshop, Seminar Eco Driving Rally&Workshop, Lomba Pemusik Jalanan, Lomba Menggambar dan Mewarnai, Kompetisi Insinyur Cilik, Games Booth dan masih banyak lagi acara lainnya. 

Ia menjelaskan 'Kendalikan Sampah Plastik' pada tema kali ini adalah sebagai pembinaan masyarakat melalui kampanye dan dan pendidikan lingkungan hidup. KLHK mendukung momen ini karena dirasakan manfaatnya oleh seluruh komponen bangsa dalam mengerakan dan menggalakan masyarakat terhadap lingkungan hidup. 

Baca Lainnya: Indonesia Melawan Gelombang Sampah Plastik, Sanggupkah?

"Masyarakat harus semakin menyadari pentingnya pengurangan sampah plastik yang sudah menjadi persoalan dunia dan mulai melakukan aksi-aksi untuk mendukungnya," jelasnya. 

Sementara itu< menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Mengatatakan tema kali ini merupakan perwujudan komitmen bersama seluruh pihak dalam mengatasinahaya sampah plastik di Indonesia. Tema ini mengandung motivasi kerja sekuat tenaga untuk atasi sampah, juga kerja yang sistematis dalam mengurangi sampah, mengolah sampah dan melakukan pengelolaan sampah berkelanjutan  melalui kegiatan daur ulang, atau dikenal denga 3R, (Reduce,Reuse dan Recycle). 

"Harapan kegiataan ini dapat memberikan motivasi untuk hidup bersih dan mengurangi sampah plastik bagi seluruh pihak yang terlibat," jelasnya.[KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: