Dua Daerah Berpotensi Karhutla di Sumatera Barat Versi BMKG

TrubusNews
Ihsan Maulana
18 Juli 2018   12:00 WIB

Komentar
Dua Daerah Berpotensi Karhutla di Sumatera Barat Versi BMKG

Kebakaran Hutan, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat memprediksi, dalam sepekan kedepan beberapa daerah disana berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan. Ini dikarenakan cuaca yang cukup terik.

"Satu minggu ke depan, potensi karhutla cukup mudah terjadi, seperti di Kabupaten Pasaman dan Pesisir Selatan," ujar Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha ketika dihubungi awak media, Rabu (18/7).

Hal itu berdasarkan data pengamatan satelit modis pada Selasa (17/7) kemarin, telah terpantau lima titik api di wilayah Pasaman, serta satu di Pesisir Selatan dengan tingkat kepercayaan cukup tinggi.

Baca Lainnya: Musim Kemarau Datang, Awas Bahaya Karhutla Mengancam

Kemudian, potensi kebakaran hutan, juga disebabkan oleh kondisi cuaca yang masih didominasi kering hingga sepekan ke depan.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat dan pemangku kepentingan untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar, karena bisa menimbulkan kobaran api yang luas sehingga sulit dikendalikan.

"Lalu juga jangan sembarangan membuang puntung rokok di lahan yang kering," tambahnya.

Baca Lainnya: Kawasan Langganan Karhutla di Pontianak, Kebakaran Lagi

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit telah mengimbau pemilik ladang atau kebun untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Dari data kami, risiko kebakaran hutan dan lahan tertinggi terjadi di Kabupaten Pasaman," paparnya.

Selain melakukan sosialisasi kepada warga, Pemprov Sumbar juga meminta setiap bupati dan wali kota untuk terus memastikan mitigasi bencana kebakaran hutan dan lahan bisa diminimalisasi. [KW]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: