Jaga Pariwisata Danau Toba, Masyarakat Diimbau Tidak Sembarang Buang Sampah 

TrubusNews
Binsar Marulitua
17 Juli 2018   19:15 WIB

Komentar
Jaga Pariwisata Danau Toba, Masyarakat Diimbau Tidak Sembarang Buang Sampah 

Potret sudut Danau Toba yang masih dipenuhi sampah. (Foto : Trubus.id/ Binsar)

Trubus.id -- Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Utara meminta masyarakat tidak mengotori kawasan Danau Toba dengan membuah sampah. Selain menimbulkan pencemaran lingkungan dan juga berbahaya bagi kesehatan, sampah juga bisa merusak program pariwisata.

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumut, Dana Prima Tarigan mengatakan, limbah tersebut tidak hanya mengganggu kehidupan masyarakat yang selama ini memanfaatkan air Danau Toba untuk kebutuhan sehari-hari.

“Air di kawasan Danau Toba harus tetap kelihatan bersih, tidak kotor, berbau amis, serta tidak ada sampah yang berserakan,” ujar Dana di Medan, Selasa (17/7).

Ia mengatakan, jika Danau Toba terlihat maka wisatawan dari mancanegara (Wisman) maupun nusantara (wisnu) akan enggan berkunjung ke daerah tersebut.

“Jadi, objek wisata Danau Toba tersebut harus benar-benar bersih, baik lingkungan maupun tempat-tempat budaya tradisional yang selama ini dikunjungi wisatawan. Sebagai daerah tempat kunjungan wisata berskala internasional, tentunya Danau Toba harus kelihatan indah, menarik, dan tidak ada terjadi pencemaran. Dengan demikian, para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Danau Toba, hal ini harus dapat diwujudkan,” kata pemerhati lingkungan itu. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: