Hutan Rakyat Dekat Perkampungan Warga di Ponorogo Ludes Terbakar

TrubusNews
Astri Sofyanti
17 Juli 2018   13:15 WIB

Komentar
Hutan Rakyat Dekat Perkampungan Warga di Ponorogo Ludes Terbakar

Hutan yang terbakar (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Hutan rakyat seluas dua hektare yang berada di Desa Bancangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Senin (16/7) malam ludes dilalap api.

Hal tersebut dibenarkan oleh Komandan Koramil (Danramil) Sambit Kapten Inf Yatimin di Ponorogo, Selasa (17/7) yang mengatakan bahwa dirinya turut terlibat melakukan pemadaman hingga pagi tadi.

Ia bersama dua anggotanya serta tim gabungan yang meliputi Polsek Sambit, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo serta perangkat desa serta warga sekitat ke lokailsi kebakaran untuk ikut memadamkan kobaran api. 

Baca Lainnya: Musim Kemarau Datang, Awas Bahaya Karhutla Mengancam

"Kebakaran yang terjadi di lahan hutan rakyat dengan tanaman pohon jati milik Desa Bancangan, Kecamatan Sambit, terjadi sejak pukul 18.00 WIB," terangnya di Ponorogo, Selasa (17/7).

Menurut Yatimin, pemadaman api dilakukan dengan menggunakan peralatan seadanya, seperti batang kayu dan ranting pohon.

Menurutnya kebakaran hutan rakyat tersebut cukup mengkhawatirkan, karena lokasinya dekat dengan permukiman warga.

Baca Lainnya: Kawasan Langganan Karhutla di Pontianak, Kebakaran Lagi

"Kebakaran yang terjadi di hutan rakyat ini sangat mengkhawatirkan. Hal ini karena selain banyak semak-semak kering, lokasi hutan sangat dekat dengan perkampungan penduduk, sehingga harus segera dipadamkan," ungkapnya.

Meski api telah berhasip dipadamkan hingga saat ini penyebab terjadinya kebakaran serta besar kerugian masih dalam pemeriksaan perangkat Desa Bancangan selaku pengelola hutan rakyat tersebut. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: