Waspada, Gelombang Laut 3,5 Meter Intai Perairan Sumbar Beberapa Hari Kedepan

TrubusNews
Ihsan Maulana
16 Juli 2018   13:00 WIB

Komentar
Waspada, Gelombang Laut 3,5 Meter Intai Perairan Sumbar Beberapa Hari Kedepan

Ilustrasi (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Teluk Bayur, Kota Padang, Sumatera Barat mengimbau para nelayan dan jasa transportasi laut untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi mencapai 3,5 meter di sekitar wilayah perairan tersebut.

"Gelombang laut dengan tinggi satu hingga 3,5 meter berpotensi terjadi di Samudra Hindia Kepulauan Mentawai Hingga Samudra Hindia Barat Bengkulu," ujar Prakirawan BMKG Maritim Teluk Bayur, Ari Widiastuti di Padang, Senin (16/7).

Ia menambahkan, gelombang laut setinggi 2,5 meter juga berpotensi terjadi di Perairan Siberut, Sipora, Pagai Kepulauan Mentawai dan Pulau Enggano Bengkulu hingga beberapa hari ke depan.

Baca Lainnya : BMKG: Waspada Siklon Maria Picu Gelombang Tinggi di Maluku

Terkait gelombang tinggi, Widiastuti mengimbau agar pengguna atau pihak jasa angkutan transportasi laut agar berhati-hati ketika melintas di laut. Nelayan juga diminta berhati-hati dan jika tidak memungkinkan maka aktivitas melaut dihentikan sementara.

"Jangan memaksakan jika tidak memungkinkan karena hal tersebut dapat membahayakan keselamatan," tegasnya.

Baca Lainnya : Dihantam Gelombang Tinggi, Nelayan Pantai Selatan DIY Tidak Berani Melaut

Sementara itu, untuk cuaca pelabuhan Teluk Bayur, BMKG memperkirakan kondisinya cerah berawan dengan tinggi gelombang 1,25 meter, dan suhu udara di pelabuhan mencapai 24 hingga 32 derajat celsius.

Pada bulan Juli BMKG juga memperkirakan cuaca sering berubah-ubah, hal ini disebabkan oleh peningkatan suhu muka laut Samudra Hindia yang mengakibatkan penambahan suplai uap air sehingga terjadinya perubahan cuaca dari panas ke hujan terutama pada sore hari. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: