Kaki Gunung Rinjani, Surganya Bawang Putih

TrubusNews
Astri Sofyanti
15 Juli 2018   19:00 WIB

Komentar
Kaki Gunung Rinjani, Surganya Bawang Putih

Lahan yang ditanami bawang putih di kaki Gunung Rinjani. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sembalun yang berada di Kaki Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara barat (NTB) menjadi salah satu pusat pengembangan sayuran di NTB. Sebanyak 50 persen pasokan sayuran yang dikirim ke Mataram berasal dari Sembalun. Bahkan, bawang putih menjadi komoditas proritas yang dimiliki Indonesia.

Guna mendukung Sembalun menjadi sentra utama pengembangan bawang putih nasional, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman telah mengunjunginya wilayah tersebut.

Dalam kunjungannya, Amran juga melakukan penanaman bawang putih sebagai simbol bahwa Sembalun akan bangkit menjadi sentra terbesar bawang putih Indonesia. Itulah kenapa, Amran yakin jika rencana Indonesia untuk swasembada bawang putih pada tahun 2021 mendatang akan tercapai.

Baca Lainnya : DKI Akan Impor 10 Ribu Ton Bawang Putih dari China

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Lombok Timur, Zaini. Menurutnya, sentra pengembangan bawang putih di Lombok Timur mencapai 10.000 hektare, tersebar di lima kecamatan meliputi Sembalun, Wanasaba, Sikur, Pringgasela, dan Suela.

Lantaran ketersediaan air mencukupi, Zaini mengatakan jika selalu ada penambahan luas tanam bawang putih. Sentra utama terbesar ada di Sembalun, di mana luas lahan bisa mencapai 4.000 hektare. Hampir seluruh wilayah di kaki Gunung Rinjani ditanami bawang putih dengan pola monokultur dan sebagian tumpang sari dengan komoditas sayuran lainnya seperti cabai besar.

"Melihat prospektif ini, Sembalun siap menjadi penyangga benih bawang putih nasional dan menyukseskan swasembada bawang putih tahun 2021," kata Zaini di Lombok, Minggu (15/7). [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Presiden Jokowi Siapkan Labuan Bajo untuk Pertemuan G20

Peristiwa   20 Jan 2020 - 17:21 WIB
Bagikan:          
Bagikan: