Hingga 18 Juli, Cuaca Buruk dan Angin Kencang Landa Sabang

TrubusNews
Astri Sofyanti
15 Juli 2018   12:00 WIB

Komentar
Hingga 18 Juli, Cuaca Buruk dan Angin Kencang Landa Sabang

Ilustrasi cuaca buruk. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sejak Sabtu (14/7) malam, angin kencang melanda Desa Cot Abeuk di Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Akibatnya, sejumlah atap rumah beterbangan.

"Sejak kemarin sore, anginnya sangat kencang. Rumah milik Ibu Rasyidah di Gampong, Cot Abeuk, atapnya terangkat diterpa badai," kata Budi, Kasi Darurat Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Kota Sabang, Minggu (15/7).

Angin kencang juga menyebabkan dua pohon tumbang di Kongsi dan Gampong Kuta Bawah Barat (KBB). Dari sekian banyak pohon tumbang, satu di antaranya menutupi badan jalan di Aneuk Loat-Balohan.

Baca Lainnya : Pasca Banjir Ganas, Jepang Dilanda Cuaca Panas

"Bersyukur, peristiwa ini tidak menelan korban jiwa. Saat ini, petugas sudah membersihkan pohon yang tumbang ke badan jalan. Namun demikian, kami mengimbau semua warga di Kota Sabang agar selalu waspada terhadap potensi angin kencang dan gelombang tinggi," paparnya.

Ia berharap warga Kota Sabang dan sekitarnya dapat memperhatikan seluruh informasi yang dikeluarkan BMKG, sekaligus menjadi pendukung dalam pengambilan keputusan agar dapat meningkatkan antisipasi dampak bencana.

Baca Lainnya : Sabang Dihantam Cuaca Ekstrem, Wisatawan Diimbau Lebih Waspada

Di lain kesempatan, Kepala Stasiun Meteorologi Cot Bau U, Maimun Saleh, Sabang, Siswanto, mengimbau seluruh warga yang hendak melakukan aktivitas di luar rumah ataupun berlayar, agar meningkatkan kewaspadaannya dan selalu memperhatikan keselamatan. BMKG memprakirakan angin kencang disertai hujan lebat di Kota Sabang akan terjadi hingga Rabu (18/7) mendatang.

"Masyarakat perlu mengenali lingkungan sekitar terhadap potensi terjadinya bencana agar mampu hidup berdampingan dengan bencana," papar Siswanto. [DF]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: