Pasca Banjir Ganas, Jepang Dilanda Cuaca Panas

TrubusNews
Binsar Marulitua
13 Juli 2018   11:31 WIB

Komentar
Pasca Banjir Ganas, Jepang Dilanda Cuaca Panas

Banjir melanda Jepang dan menyebabkan ratusan jiwa melayang. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Belum selesai bencana banjir yang merenggut nyawa 195 warga, Jepang kini mulai dilanda bencana lainnya. Yah, cuaca panas kini melanda negeri Sakura tersebut dengan suhu mencapai 30 derajat Celcius dan tingkat kelembaban yang tinggi.

"Adalah fakta yang tidak terbantahkan bahwa bencana yang diakibatkan hujan deras tiba-tiba bisa berubah seperti ini semakin sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir," papar Kepala Sekretariat Kabinet Yoshihide Suga dalam sebuah konferensi pers.

Pascabanjir menjadi perhatian Pemerintah Jepang, lebih dari 200.000 rumah tangga tidak mendapatkan pasokan air. Kondisi ini diperparah dengan banyaknya pasien terdampak yang belum selesai ditangani.

Baca Lainnya : Operasi Penyelamatan Berlanjut, Jumlah Korban Tewas Hujan Lebat di Jepang Menjadi 100 Orang

Baca Lainnya : Korban Tewas Akibat Banjir Ganas di Jepang Bertambah Menjadi 179 Orang

Terbatasnya pasokan air bersih berpengaruh terhadap kebutuhan cairan tubuh para pengungsi dan meningkatkan risiko serangan panas (heatstroke) yang bisa berujung pada kematian. Meski pemerintah telah mengirim truk air ke daerah yang terkena banjir, tapi suplainya tetap terbatas.

Di saat yang bersamaan, lebih dari 70.000 tentara, polisi, dan pemadam kebakaran berusaha menyingkirkan reruntuhan gedung untuk mencari korban yang hilang. Banyak daerah yang terkubur lumpur, yang baunya mirip saluran air kotor dan telah mengeras di bawah panas matahari. Kondisi ini membuat proses pencarian makin sulit dilakukan.

Dia melanjutkan tugas pemerintah saat ini adalah melindungi kehidupan rakyatnya. Pemerintah Jepang menyatakan diperlukan banyak hal untuk menekan dampak dari bencana seperti ini. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: