Kementan Sulap Lahan Kosong Jadi Sawah Produktif

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
12 Juli 2018   13:00

Komentar
Kementan Sulap Lahan Kosong Jadi Sawah Produktif

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Pertanian RI (Kementan) mengubah lahan kosong menjadi kawasan pertanian yang produktif. Untuk merealisasikan rencana tersebut Kementan akan menggelontorkan dana hingga Rp2,4 triliun.

Menurut Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman program redistribusi tersebut akan dibuat dalam bentuk kluster, di mana satu bibit akan ditanam serta dikembangkan dalam satu kawasan.

"Intinya dari sektor pertanian kita membentuk kluster. Jadi kluster katakan lah suatu perkebunan untuk satu industri itu katakan lah lima ribu hektar harus satu komoditas, jadi bagus kan," ucap Amran di Jakarta, baru-baru ini.

Baca Lainnya : Kementan Targetkan 3 Kawasan di Sulut Menjadi Surga Holtikultura

Rencananya kluster tersebut akan dilaksanakan di seluruh Indonesia dan dikelola oleh beberapa keluarga di daerah tersebut. Upaya ini dilakukan sebagai upaya mencetak wirausaha baru di sektor pertanian.

Oleh karena itu, Kementan telah menyiapkan bibit, mesin pertanian, dan pendampingan. Adapun untuk bibit dianggarkan hingga Rp2,4 triliun untuk mendorong program tersebut.

"Ada 30 juta batang mulai kopi, kakao, pala, mangga. Itu totalnya 30 juta batang anggarannya Rp2,4 triliun tahun ini," paparnya.

Baca Lainnya : Petani Minta Kementan, Tambah Target Program Asuransi Pertanian

Sementara itu, Amran menjelaskan program ini juga telah berjalan di sejumlah daerah, seperti di Bengkulu dengan kluster kopi dan Bangka Beliting kluster lada.

"Bengkulu kopi, Aceh kopi, sesuai potensi. Bangka Belitung itu lada," tutup Amran. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: