Jelang Asian Games 2018, Equestrian Disterilkan dari Hewan Kurban dan Delman

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
11 Juli 2018   22:45

Komentar
Jelang Asian Games 2018, Equestrian Disterilkan dari Hewan Kurban dan Delman

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jelang Asian Games 2018, Pemprov DKI selaku tuan rumah perhelatan olah raga internasional ini terus berbenah. Salah satu langkah yang kini diambil adalah dengan mensterilkan lokasi arena berkuda atau equestrian.

Untuk itu, Pemprov DKI melarang masjid yang berada dalam radius 1 km dari equestrian untuk menampung dan memotong hewan kurban selama Asian Games 2018 berlangsung. Pun demikian, Pemprov DKI sudah menyiapkan lokasi penggantinya.

Baca Lainnya : Jelang Asian Games 2018, Equestrian Pulomas Harus Bebas dari Kambing, Sapi dan Kuda

"Kalau mau potong kita sudah siapkan rumah pemotongan hewan (RPH). Kalau bagi daging boleh tapi nggak boleh potong hewan di radius 1 km, yang nggak boleh nampung sama potong. Ini kita akan diperbarui dengan ingub (instruksi gubernur) yang baru," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian, Darjamuni, di Equestrian Park, Pulomas, Jakarta Timur, Rabu (11/7).

Menurut data yang diterimanya, saat ini ada sekitar 45 masjid di dua kecamatan di Jakarta Timur dan Jakarta Utara yang terdampak aturan tersebut. Namun demikian, PD Dharmajaya diyakini mampu menampung hewan kurban dari ke 45 masjid tersebut.

Selain disterilkan dari hewan kurban, equestrian juga harus steril dari kuda lain selama Asian Games 2018. Kuda selain kuda balap yang akan bertanding di Asian Games 2018 harus berada di luar radius 8 kilometer dari venue. 

"Di radius 8 kilometer dari daerah Pulomas ini (equestrian) harus bebas dari kuda," kata Darjamuni lagi.

Darjamuni mengatakan hal itu merupakan aturan yang disepakati dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. Dia mencatat dalam radius 8 km itu ada 302 ekor kuda, termasuk milik pengusaha delman yang ada di Monas dan Kemayoran.

"Radius 8 km ini termasuk Monas. Kami sudah berkomunikasi dengan kusir, mulai 1 Agustus mereka tak beroperasi lagi di Monas. Kemarin kita sudah putuskan mereka operasi di Kota Tua dan Ragunan," ucapnya.

Baca Lainnya : Asian Games 2018 Sudah di Depan Mata, Masalah Genangan Air dan Listrik di Jakarta Masih Ditata

Menurut Darjamuni, ada 132 ekor kuda dari 18 negara peserta Asian Games yang akan tiba di Jakarta pada awal Agustus 2018. Dia hanya khawatir kesehatan 132 ekor kuda itu terganggu bila masih ditemui kuda lain di radius 8 km.

Tak hanya itu, menurutnya, Dinas KPKP DKI terus melakukan pengawasan kepada hewan-hewan liar di sekitar area pacuan kuda. Sebab, area pacuan kuda itu harus steril dari nyamuk, tikus, hingga kucing liar.

"Ya minimal seperti di sini harus steril dari kucing dan anjing. Tidak hanya itu, kami pun mengambil serangga dan nyamuk untuk diambil darahnya itu harus kita periksa. Kelihatannya sepele, tapi ini menyita waktu. Dokter saya stand by di sini dibantu dengan pusat dan lain-lain. Tikus pun kita periksa semua," terangnya. [RN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: