Banjir Landa Kabupaten Pulau Taliabu, 540 Warga Terdampak

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
11 Juli 2018   22:15

Komentar
Banjir Landa Kabupaten Pulau Taliabu, 540 Warga Terdampak

Banjir landa Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku sejak Rabu (11/7) dinihari. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Beberapa wilayah di Indonesia saat ini sudah memasuki musim kemarau. Bahkan di sebagian wilayah Sumatera bagian Selatan, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, bencana kekeringan mulai melanda.

Namun demikian, di wilayah lain, hal berbeda justru masih terjadi. Di daerah Muluku, Maluku Utara dan sebagian barat Papua Barat, intensitas hujan diprediksi masih cukup tinggi. Bahkan bisa dikatakan, saat ini, diwilayah tersebut masih berada di puncak musim penghujan. 

Akibat tingginya intensitas hujan di wilayah-wilayah ini, bencana banjir pun tidak dapat dihindari. Hujan deras yang mengguyur tanpa henti, menyebabkan meluapnya beberapa sungai di wilayah tersebut.

Menurut data yang diperoleh dari kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional, Sutopo Purwo Nugroho, Sungai Ratahaya, Sungai Air Kilong dan Sungai Air Bobong meluap sehingga banjir melanda Desa Ratahaya, Desa Kilong dan Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara sejak Rabu (11/7) dinihari.

Dampaknya, tercatat sebanyak 180 KK atau 540 jiwa terdampak banjir. Tinggi banjir 50 - 100 centimeter. Pun demikian, belum ada laporan timbulnya korban jiwa akibat kejadian ini. 

Petugas BPBD Kabupaten Pulau Taliabu sendiri saat ini dilaporkan telah melakukan penanganan darurat. Bantuan juga telah disalurkan kepada masyarakat. Sementara pendataan masih terus dilakukan. [RN] 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: