Canggih, Mahasiswa Universitas Brawijaya Sulap Ampas Wortel Jadi Sumber Vitamin A

TrubusNews
Ayu Setyowati | Followers 0
11 Juli 2018   22:30

Komentar
Canggih, Mahasiswa Universitas Brawijaya Sulap Ampas Wortel Jadi Sumber Vitamin A

Wortel mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. (Foto : Health Line)

Trubus.id -- Gemar mengonsumsi jus wortel supaya mata tetap sehat? Ketika wortel dibuat menjadi jus, tentu meninggalkan hasil samping yang berupa ampas. Nah, ampas yang dianggap tidak lagi berguna, biasanya dibuang begitu saja.

Padahal, ampas wortel itu mengandung banyak manfaat, loh. Memiliki kandungan karotenoid sampai 80 persen dari total karotenoid pada wortel. Karotenoid adalah provitamin A yang baik untuk mencegah katarak, kanker, penyakit kardiovaskular, dan tentunya baik untuk kesehatan mata kita.

Untuk mengurangi ampas wortel yang terbuang sia-sia, tiga mahasiswa dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya di Malang, sedang mengembangkan teknologi yang mampu mengekstraksi karotenoid dari ampas wortel.

Baca Lainnya : Kombinasi Wortel dan Pare Ini Bagus Buat Diet, Kenapa?

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Adi Rahmanto Wibowo, Roya Putri Habibah dan Rismoyo Nahri Filanto, membuat sebuah teknologi bernama Green Carotenoid Extractor (GODECT) yang berbasis Green Electric Pulse demi mewujudkan Indonesian Zero Waste Technology.

"Program kami memanen karoten dari ampas wortel, agar ampas industri jus itu termanfaatkan," jelas Roya Putri Habibah.

Karotenoid memiliki sifat yang rentan terhadap panas. Dengan menggunakan GODECT, karotenoid yang dihasilkan tidak akan mengalami kerusakan karena prosesnya yang tanpa panas.

Baca Lainnya : 7 Jenis Wortel Ini Berpotensial untuk Dikembangkan, Tunggu Apalagi?

Karena sifat karotenoid ini larut dalam minyak, hasil jadi dari teknologi ini adalah karoten yang dilarutkan ke dalam minyak zaitun dan dikemas dalam bentuk pil. Seperti yang kita semua tahu, minyak zaitun sangat kaya akan manfaat.

Roya menambahkan, kalau karotenoid tidak hanya terdapat pada wortel, tetapi juga pada bayam merah dan labu kuning. Nantinya, teknologi ini tidak hanya akan mengekstraksi karotenoid dari ampas wortel saja, melainkan dari bahan lainnya juga.

"Dengan menggunakan GODECT, Indonesia diharapkan mampu memproduksi suplemen vitamin A sendiri. Selama ini, Indonesia masih melakukan impor untuk memenuhi kebutuhan suplemen vitamin A dalam negeri. Karena akhir-akhir ini lagi gencar-gencarnya program Fortifikasi Pangan, diharapkan nantinya dengan GODECT ini, kami bisa turut andil dalam menyukseskan program tersebut," ujar Roya.

Hebat! [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: