Bulog Subang Sulit Serap Beras Petani Akibat Ini

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
11 Juli 2018   19:15

Komentar
Bulog Subang Sulit Serap Beras Petani Akibat Ini

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Bulog Sub Divre Subang, menyebutkan proses penyerapan beras petani saat ini masih terganjal beberapa kendala. Salah satunya, karena sebagian petani di wilayah tersebut memilih menanam padi ketan. Sedangkan jenis padi ketan tidak masuk dalam kategori penyerapan yang diinstruksikan pemerintah.

Kepala Bulog Sub Divre Subang, Dandy Arianto menyebutkan, sejak bulan Januari, beras petani yang sudah terserap mencapai 5.000 ton. Sementara target pusat untuk Bulog Subang, penyerapannya harus 42 ribu ton.

Baca Lainnya : Harga Garam di Cirebon Anjlok, Nasib Petani?

"Pada tri semester pertama tahun ini, kita kesulitan menyerap beras karena harga pasaran sangat tinggi. Sekarang, agak terkendala dengan varietas yang ditanam petani," ujar Dandy, kepada awak media, Rabu (11/7).

Ia menambahkan, saat ini sebenarnya penyerapan sedang tinggi, namun sebagian petani di Subang malah menanam padi ketan. Hal ini dengan alasan, harga ketan jauh lebih mahal ketimbang beras.

Baca Lainnya : Musim Kemarau Justru Bawa Keuntungan Bagi Petani di Lembang

Meski demikian, Dandy optimis target penyerapan beras sebanyak 42 ribu ton bisa terealiasi hingga akhir tahun mendatang. Terlebih, Bulog sudah menyediakan dana sesuai dengan kebutuhan untuk penyerapan beras.

"Kita jelas optimistis, karena kita bisa menyerap beras secara cash and carry. Ini keuntungan kita," tandasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: