Singapura Akan Pasang 300 Kamera Termal di Tempat Umum, Ini Fungsinya

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
11 Juli 2018   18:45

Komentar
Singapura Akan Pasang 300 Kamera Termal di Tempat Umum, Ini Fungsinya

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Peraturan merokok sebentar lagi akan menjadi lebih ketat di Singapura. Pasalnya, pemerintah negara itu kini tengah berencana memasang 300 kamera termal HD untuk menangkap dan mendenda perokok ilegal.

Singapura sudah memiliki beberapa undang-undang antitembakau paling ketat di dunia. Di negara itu, merokok dilarang di sebagian besar tempat umum. Apabila ada  perokok yang bandel, akan dijatuhkan denda hingga 1.000 dolar Singapura atau sekitar Rp10,7 juta. Tak hanya rokok yang terbuat dari tembakau, sanksi yang sama juga bisa diterapkan pada penikmat rokok elektronik.

Kini, guna memperketat pengawasan terhadap para perokok, otoritas negara Singapura berencana memasang kamera termal canggih yang dapat mendeteksi saat seseorang memegang rokok yang menyala di area bebas rokok.

Sementara itu, beberapa harian berkredibilitas melaporkan kamera akan dipasang di sekitar daerah permukiman dan berbagai tempat umum lainnya di Singapura, dan juga akan memiliki kemampuan untuk menangkap 'tindakan tidak higienis' ilegal lainnya seperti meludah dan membuang sampah sembarangan.

Singapura pertama kali memperkenalkan undang-undang antitembakau pada 1970-an sebagai bagian dari upaya nasional untuk mengurangi rokok. Undang-undang tersebut kemudian diperluas hingga mencakup kawasan umum, tempat merokok dilarang, termasuk di kampus dan di area umum di sekitar blok apartemen.

Merokok di mobil pribadi legal, tetapi membuka jendela saat merokok dianggap ilegal. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: