Menteri KP Akan Beri Hadiah Kejutan di HUT RI ke 73, Apa Itu?

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
11 Juli 2018   18:15

Komentar
Menteri KP Akan Beri Hadiah Kejutan di HUT RI ke 73, Apa Itu?

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. (Foto : Trubus.id/ Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti berencana kembali menenggelamkan 77 unit kapal pencuri ikan di wilayah perairan Indonesia pada Agustus mendatang. Penenggelaman kapal tersebut merupakan kado Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk memperingatin Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73.

“Kurang lebih 77. Semuanya ada 94 kapal dikurang 17 yang disita untuk negara. Rencana akan kita hadiahkan penenggelaman ini untuk ulang tahun republik Indonesia yang ke 73 tahun,” ujar Susi, Selasa (11/7).

Baca Lainnya : Langkah Susi Pudjiastuti Berantas Pecuri Ikan di Lautan, Curi Perhatian Dunia

Susi mengatakan, tujuan dari penenggelaman kali ini bukan lagi berfokus pada pemberian efek jera, melainkan benar-benar menghukum para pelaku pencurian ikan. Hingga kini, sudah ada 363 unit kapal pencuri ikan yang ditenggelamkan.

Ia mengungkapkan, sebagai hasil pemberantasan illegal Fishing stok ikan di wilayah perairan Indonesia, saat ini telah kembali meningkat hingga 2 kali lipat. Walaupun demikian Susi mengakui, kapal-kapal pencuri ikan ini bukanlah satu-satunya penyebab berkurangnya populasi ikan di wilayah perairan Indonesia. Faktor lainnya adalah perlakuan masyarakat dalam mengelola laut selama ini yang dinilai masih kurang baik.

"Salah satunya adalah penggunaan bom ikan yang dipakai. Di samping penyusutan jumlah ikan, karang-karang di lautan Indonesia juga turut dirusak. Selain itu ada pula penggunaan alat penangkap ikan berupa jaring dengan lebar berkilo-kilo meter seperti cantrang yang dinilai telah menyapu bersih lantai perairan Indonesia," tambahnya.

Baca Lainnya : Susi Pudjiastuti: Jangan Hilangkan 'Penenggelaman' di Revisi UU Perikanan

Dalam menenggelamkan kapal, Ia mengaku tak ingin lagi membicarakan kegaduhan yang timbul akibat perdebatan soal kebijakan penenggelaman kapal-kapal asing pencuri ikan di laut Indonesia. Sikap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terhadap kebijakan tersebut akan sejalan dengan pernyataan yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo soal polemik penenggelaman kapal.

Jokowi menegaskan selama ini dirinya memerintahkan penenggelaman kapal untuk menunjukkan keseriusan pemerintah Indonesia dalam menindak kejahatan pencurian ikan. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: