Produksi Merosot Disinyalir Jadi Biang Keladi Harga Telur Ayam Melonjak

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
11 Juli 2018   14:30

Komentar
Produksi Merosot Disinyalir Jadi Biang Keladi Harga Telur Ayam Melonjak

Harga telur ayam masih meroket (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Lonjakan harga telur ayam yang terjadi di sejumlah daerah termasuk DKI Jakarta disinyalir karena jumlah produksi telur ayam yang terus menurun. Menurut Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) penurunan produksi mencapai 10 sampai 20 persen dari biasanya.

Kondisi ini diungkapkan oleh Ketua Umum Pinsar Singgih Januratmoko mengatakan, produksi telur ayam biasanya sampai 9.000 ton per hari secara nasional, tapi kini jumlahnya terus menurun.

"Produksi menurun disebabkan pakan yang kurang bagus, kalau beli pakan yang bagus harganya sangat mahal," tutur Singgih di Jakarta, Rabu (11/7).

Baca Lainnya : Tanggapi Soal Kenaikan Harga Telur, Mendag: Harga Pakan Ternak Naik

Lebih lanjut dikatakan Singgih kondisi ini terjadi karena kualitas bahan baku pakan kurang baik. Ditambah lagi, pemerintah telah melarang penggunaan Antibiotic Growth Promoters (AGP) atau antibiotik imbuhan pakan.

"Sejak awal tahun, tahun 2018 dilarang. Pelarangan mempengaruhi ayam karena jadi mudah terserang penyaktit," paparnya.

"Momennya ini (harga telur naik) karena pas karena permintaan juga lagi naik, jadi persediaan turun tapi permintaan tunggu, makanya harga naik," ungkapnya.

Baca Lainnya : Harga Telur Ayam di Aceh Juga Naik 50 Persen

Menurut Singgih, harga telur ayam di kandang atau sebelum dibawa ke pasaran sempat mencapai Rp25.000 per kilogram (kg). Namun, ia mengklaim harga telur ayam di kandang sudah mulai turun menjadi Rp23 ribu per kg.

Ia mengaku dalam kondisi seperti ini sebenarnya sebagai peternak unggas Singgih mengaku mendapatkan untung lebih dari biasanya. Tapi ia tetap prihatin dengan lonjakan harga telur ayam karena jumlah produktivitasnya yang terus anjlok. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: