Titik Api di Aceh Barat Masih Meluas

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
10 Juli 2018   19:45

Komentar
Titik Api di Aceh Barat Masih Meluas

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kabupaten Aceh Barat, Aceh, masih terjadi. Sejumlah titik api masih terdeteksi di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Barat. Bahkan titik api tersebut berada dekat dengan permukiman penduduk.

Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Selasa (10/7) melaporkan Karhutla sudah terjadi di Kecamatan Arongan Lambalek. Padahal sebelumnya hanya terjadi di dua lokasi dalam wilayah Kecamatan Johan Pahlawan.

Kebakaran lahan gambut dan hutan semak di wilayah Desa Seuneubok yang berbatasan dengan Desa Lapang, telah berdampak kepada warga yang menempati empat unit rumah, dayah/pesantren, serta SMP IT yang berada di lingkungan sekitar. 

Baca Lainnya : 9 Titik Kebakaran Hutan Terdeteksi Satelit BMKG di Jambi

Pesebaran titik api juga ditemukan di lahan gambut wilayah Desa Seuneubok Dalam, Kecamatan Arongan Lambalek. Hingga saat ini masih terus dilakukan upaya pemadaman oleh pihak terkait. Beruntung tidak ada permukiman warga yang dekat dari lokasi Karhutla.

Tim gabungan BPBD, TNI, Polri sejak dua hari belakangan juga telah dikerahkan melakukan upaya pemadaman titik api dengan armada pemadam kebakaran. Tapi, sebaran titik api masih terus terjadi karena tidak bisa padam total disebabkan cuaca panas dandiperparah tiupan angin.

Baca Lainnya : Gedung Kemenhub Kebakaran, 20 Orang Selamat dan 3 Orang Meninggal

Salah seorang warga sekitar, M Nasir mengatakan, api sejak Sabtu (7/7) siang sampai saat ini belum padam bahkan terus membesar dan merambat hingga mendekati rumah warga. Bahkan Nasir mengaku sejumlah keluarganya sudah mengamankan barang ke tempat aman.

"Kemarin itu apinya jauh, tapi karena panas rupanya terus menyebar hingga dekat rumah. Terpaksa kami harus angkat barang takut terbakar rumah nanti, apalagi asapnya sudah masuk rumah-rumah penduduk," ungkapnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: