Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo Terus Dorong Nelayan Miliki Asuransi

TrubusNews
Ihsan Maulana
10 Juli 2018   15:00 WIB

Komentar
Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo Terus Dorong Nelayan Miliki Asuransi

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus mendorong agar 670 nelayan kecil di wilayah tersebut bisa memiliki asuransi nelayan. Hal ini menjadi pentint agar mereka mendapat jaminan rasa aman ketika melaut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo, Sudarna menyebutkan, hingga akhir 2017 pihaknya sudah menyalurkan 618 kartu asuransi nelayan.

"Nah pada tahun ini, diberi alokasi anggaran sebanyak 50 kartu asuransi untuk nelayan yang belum masuk asuransi," imbuh Sudarna, Selasa (10/7).

Baca Lainnya : Ribuan Nelayan di Bengkulu Sudah Ikut Asuransi, Ini Manfaat yang Akan Mereka Terima

Ia menambahkan, sebagian nelayan kecil di Kabupaten Kulon Progo memang belum memiliki asuransi keselamatan kerja, akibat masih berhalangan kepemilikan kartu tanda anggota nelayan.

Namun saat ini, sistem pendaftaran online kepesertaan kartu tanda anggota (KTA) nelayan, yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) masih dalam proses perbaikan.

Baca Lainnya : Petani Minta Kementan, Tambah Target Program Asuransi Pertanian

"Pendaftran KTA nelayan ke KPP dilakukan secara online. Tapi sekarang, sistemnya masih dalam tahap pembaharuan, sehingga sebagian nelayan tidak bisa mendaftar asuransi keselamatan kerja," ungkap Sudarna.

Ia merinci, dari jumlah nelayan Kulon Progo sebanyak 670 orang, sebanyak 318 nelayan sudah memiliki kartu asuransi. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Menkraf Dorong Indonesia Miliki Peta Geospasial Pariwisata

Peristiwa   22 Feb 2020 - 14:25 WIB
Bagikan:          

Italia Umumkan Kasus Kematian Kedua Akibat Covid19

Peristiwa   22 Feb 2020 - 18:36 WIB
Bagikan: