Dua Heli Dikirim Lagi ke Riau Cegah Asap Jelang Asean Games

TrubusNews
M Syukur | Followers 0
09 Juli 2018   22:45

Komentar
Dua Heli Dikirim Lagi ke Riau Cegah Asap Jelang Asean Games

Dua Heli Dikirim Lagi ke Riau Cegah Asap Jelang Asean Games (Foto : BPBD Riau)

Trubus.id -- Perhelatan Asean Games sebagai ajang olahraga di Asia kian dekat. Helat ini diwanti-wanti Presiden Joko Widodo agar tak terganggu kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan karena masuknya musim kemarau.

Di Riau, musim ini mulai menyapa dan sudah jarang terjadi hujan. BMKG pun memprakirakan sebagian besar wilayah Riau masuk kategori mudah terbakar.

Untuk memaksimalkan kinerja petugas dalam upaya penanggulangan Karhutla, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali mendatangkan dua unit helikopter untuk water bombing ke Riau.

Baca Lainnya: Musim Kemarau Datang, Awas Bahaya Karhutla Mengancam

"Dengan penambahan dua helikopter ini berarti sudah ada enam helikopter guna mencegah dan menanggulangi Karhutla di Riau," kata Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Jim Gafur kepada wartawan di Pekanbaru, Senin (9/7/2018). 

Dia menjelaskan, dua heli ini berjenis Bell 214 yang mampu bawa air hingga 3.000 liter dan MI-172 berkapasitas 4.000 liter sekali angkut. 

"Rencananya tiba awal pekan ini di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru," katanya.

Dia menyebutkan, awal tahun ini BNPB telah mengirim tiga unit helikopter pengebom air masing-masing jenis Bell berkapasitas 3.000 liter air. Lalu satu unit Sikorsky dan Kamov masing-masing mampu mengangkut 5.000 liter air.

Baca Lainnya: Kawasan Langganan Karhutla di Pontianak, Kebakaran Lagi

Sementara itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) turut mengerahkan satu unit helikopter patroli guna pencegahan potensi Karhutla di Provinsi Riau.

"Jelang Asean Games, helikopter ini tentunya sangat meringankan petugas dan memadamkan api dari jalur udara," sebut Jim.

Data tambahan, tahun ini seluas 1.870,96 hektare lahan di Provinsi Riau hangus terbakar yang tersebar di 12 kabupaten dan kota yang ada. (KW) 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: