Gunung Agung Kembali Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter

TrubusNews
Astri Sofyanti
09 Juli 2018   13:39 WIB

Komentar
Gunung Agung Kembali Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan bencana (BNPB) kembali mengeluarkan informasi melalui akun Twitternya, Gunung Agung di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali kembali lontarkan kolom abu setinggi 2.000 meter dari atas puncak, Senin (9/7).

"Erupsi Gunung Agung, Bali, (9/7) sekitar pukul 11.20 WITA dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak gunung," tulis BNPB lewat akun Twitternya, Senin (9/7).

Baca Lainnya : Ketika Gunung Agung Kembali Bergeliat di Penghujung Pekan

BNPB mengamati Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas cukup tebal. Berdasarkan pemantauan, saat ini kolom abu Gunung Agung mengarah ke arah barat.

"Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm & durasi ± 2 menit 42 detik," ucap BNPB.

Sebagaimana diketahui, Minggu (8/7) Gunung Agung juga teradi letusan yang mengakibatkan kolom abu sebanyak dua kali. Letusan pertama terjadi sekitar pukul 05.22 WITA.

Baca Lainnya : Efek Abu Gunung Agung, Ratusan Hektar Tanaman Mati

Teramati kolom abu berwarna asap kelabu setinggi 1.500 meter mengarah ke barat. Sinar api juga terlihat di puncak kawah pada saat letusan terjadi. Selang beberapa jam kemudian, sekitar pukul 10.00 WITA erupsi kedua terjadi. Pada erupsi ke dua, kolom abu yang dilontarkan Gunung Agung lebih kecil dari letusan sebelumnya yakni 500 meter dari puncak. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: